Wakil Ketua Panja RUU Anti Teroris, Bayar Zakat Ke Baznas Garut

0
301

HARIANGARUT-NEWS.COM – Anggota DPR RI Komisi I dari Fraksi Partai NasDem, Mayjen (Purn) Supiadin AS, mendorong umat Muslim menyalurkan zakatnya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Melalui kesadaran pembayaran zakat, umat muslim telah berpartisipasi dalam pembangunan kesejahteraan umat sekaligus menjalankan tanggung jawab sosial dalam mensejahterakan orang lain yang masih berada dalam kekurangan.

“Alhamdulillah saya pribadi telah menyalurkan zakat melalui Baznas Kabupaten Garut. Kebetulan saya diundang oleh ketua Baznas Garut ini, dan diminta zakat profesi saya di salurkan ke Baznas Garut, dan Insya Allah sayapun akan tambah dengan infaq,” terang Supiadin usai menyerahkan zakat di Kantor Baznas Jalan Pramuka, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jumat (01/06).

Sebagai salah satu rukun Islam, Wakil Ketua Panja RUU Anti Teroris ini memandang potensi zakat umat islam Indonesia sangat besar. Karenanya perlu dikelola secara profesional, aman dan teratur melalui Baznas. Sehingga bisa dimaksimalkan pemanfaatannya.

“Mengeluarkan zakat merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu dan telah memenuhi syarat dan ketentuan syariat Islam. Insya Allah dengan penyaluran melalui Baznas, zakat yang telah diserahkan dapat disalurkan kepada para saudara kita yang berhak dan membutuhkan,” katanya.

Supiadin menuturkan, berdasarkan data Baznas, potensi zakat umat islam Indonesia mencapai Rp 286 triliun. Jika zakat tersebut dikelola secara profesional, akan membawa dampak yang signifikan, terutama dalam pengentasan kemiskinan.

“Membangun zakat sebagai instrumen dalam sistem pengentasan kemiskinan perlu digalakan. Karenaya, perlu kesadaran dari seluruh umat untuk mau menyisihkan rezekinya untuk membantu pengentasan kemiskinan,” papar Supiadin.

Meski demikian, ia menyadari, upaya menggali potensi dan optimalisasi peran zakat melalui Baznas belum berjalan maksimal. Banyak faktor yang menyelimutinya, tapi Supiadin berharap ke depannya umat Muslim bisa mempercayakan penyaluran zakatnya melalui Baznas.

“Baznas harus aktif mensosialisasikan dirinya turun ke masyarakat. Sehingga masyarakat bisa mempercayai pengelolaan zakatnya melalui Baznas. Jangan sampai potensi besar zakat menjadi sia-sia karena tidak dikelola secara profesional. Saya mengajak para muzaki, pemberi zakat untuk memberikan zakat melalui Baznas supaya lebih aman, teratur, tepat penyaluranya kepada mujtahid,” kata Supiadin.

Sementara, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut, Rd H Aas Kosasih M Ag M Si menyambut baik kedatangan anggota DPR MPR RI Fraksi Partai NasDem, Mayjen TNI (Purn) Supiadin Aries Saputra tersebut.

”Saya secara pribadi merasa bangga, apalagi secara kelembagaan. Beliau ini sebagai Uswah Hasanah, contoh yang baik mudah-mudahan anggota DPR RI asal Dapil XI bisa mengikuti jejak beliau, dan mudah-mudahan dengan zakatnya ini bisa membersihkan jiwa dan membersihkan harta bendanya. Saya berharap zakat yang dikeluarkan bisa menyempurnakan ibadah puasa, dan menyempurnakan ketaatan, dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” pungkas Aas. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY