UPT Puskesmas di Garut Gelar Imunisasi Massal Vaksin Difteri Ke Sekolah

0
412

HARIANGARUT-NEWS.COM -Dalam rangka upaya pencegahan penyebaran virus difteri, UPT Puskesmas Cibatu melaksanakan program imunisasi masal di sejumlah sekolah yang ada di Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut mulai dari Tingkat SD, SLTP, dan SLTA. Salah satunya di sekolah yang ada di Desa Girimukti, Selasa (20/02).

Saat ditemui diruang kerjanya Puskesmas Pembantu (Pustu), Bidan Desa Girimukti Kecamatan Cibatu, Ajeng Rahayu Am Keb, membenarkan bahwa Tim Medis Puskesmas Cibatu sedang melakukan imunisasi massal serempak di sekolah-sekolah yang ada di wilayah Desa Girimukti.

Bidan Desa Girimukti Kecamatan Cibatu, Ajeng Rahayu Am Keb.

“Pemicu utama difteri adalah orang-orang yang berkumpul, seperti sekolah, kantor, pesantren, dan asrama-asrama. Kalau anak yang belum sekolah lalu dia tidak imunisasi kadang dia masih sehat tidak terinfeksi. Tetapi ketika dia mulai masuk sekolah, dia bisa bertemu dan berkumpul dengan anak-anak yang membawa bakteri atau carrier lainnya. Saat itulah kemungkian besar terjadi penyebaran,” jelas Ajeng.

Sementara Guru Sekolah SD Negeri Girimukti 3, Maya Desi Kusumah M Pd mengatakan, hari ini siswanya ada 182 siswa yang di imunisasi, dan pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Garut dalam hal ini Dinas Kesehatan.

“Terima kasih kepada Pemkab Garut melalui Dinas Kesehatan yang telah melakukan program pencegahan dan memberikan vaksin anti difteri secara gratis kepada siswa-siswi sekolah kami,” singkat Maya kepada hariangarut-news.com, Selasa (20/02).

Siswa SD mengantri menunggu giliran di imunisasi vaksi difteri.

Pantauan langsung hariangarut-news.com di lokasi SD Negeri Girimukti 1 Desa Girimukti, hal menarik dilakukan Tim Medis Puskesmas Cibatu, Hj Inoh RM. Sebelum melakukan imunisasi, dia memberikan arahan pengetahuan kesehatan dan bahaya difteri kepada siswa-siswi SD layaknya seorang guru yang sedang mengajar.

Tampak, agar siswa siswi mau di imunisasi, diakhir arahannya melontarkan pertanyaan siapa ingin pintar dan siapa ingin sehat, serempak siswa mengacungkan tangan, dan anak-anakpun mengantri ingin paling dulu di imunisasi. (NDY)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY