Upacara Hari Pancasila, Protokoler Setda Garut Sigap Lakukan Penyelamatan Pengibaran Bendera

0
786

HARIANGARUT-NEWS.COM – Peringati Hari Lahirnya Pancasila, Pemerintah Kabupaten Garut melaksanakan upacara bendera di halaman Kantor Bupati, Jumat (01/06) pagi. Dalam upacara tersebut, Pjs Bupati Garut Ir H Koesmayadie Tatang Padmadinata selaku inspektur upacara membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo. Berikut amanat presiden yang dibacakan Koesmayadi dalam sambutannya :

Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama 73 tahun. Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber Bhinneka Tunggal Ika.

lnsya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

Dibacakan Pjs Bupati Garut, Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan da|am Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan Iatar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Meski sempet terganggu, Pjs Bupati Garut beserta jajaran dan tamu undangan tetap khidmat mengikuti upacara hari lahir Pancasila, Jumat (01/06).

Ditemui usai upacara, Koesmayadie mengatakan, hari ini sudah 73 tahun Pancasila mempersatukan seluruh komponen bangsa.

“Kita harus berusaha menjaga Pancasila, Kita¬† harus jaga di tanah NKRI ini, inilah salah satu bukti Yang membuat kita bersatu,” ujar Pjs Bupati kepada hariangarut-news.com

Turut hadir dalam upacara peringatan hari lahir pancasila di lingkungan Pemda Garut, Plt Sekretaris Daerah Drs H Uu Saepudin ST M Si, Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna SIK, Dandim 0611 Garut yang mewakili, Kepala Pengadilan Negeri Garut Budi Soeharso SH MH, Ketua DPRD Garut Ade Ginanjar S Sos, Para Kepala SKPD, Ketua DPC LVRI Kabupaten Garut, Ibu Darma Wanita dan Ibu PKK serta pengurus Ormas lainnya.

Namun sayang, saat bendera akan dikibarkan terjadi kendala teknis. Tali penggerek pada tiang tiba-tiba tidak berfungsi. Akibatnya, bendera pun tidak mau naik saat Lagu Indonesia Raya berkumandang. Mendapati kejadian itu, tampak dengan sigap seorang protokoler di Setda Garut turun tangan langsung membetulkan dengan menaiki tiang pengerek bendera itu.

“Situasi ini sekaligus membantah beberapa pemberitaan yang mengatakan bahwa bendera “gagal” berkibar. Yang tepat adalah “Penyelamatan” Bendera Merah Putih yang mungkin akan hilang kehormatannya apabila dipaksa dikibarkan dalam kondisi tidak sempurna,”¬†ujar Pjs Bupati Garut memberikan keterangan. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY