Studi Banding Pengelolaan Zakat, Pansus DPRD KBB Kunjungi Baznas Garut

0
92

HARIANGARUT-NEWS.COM – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut, Rd Aas Kosasih S Ag M Si, beserta jajaran menerima Kunjungan Kerja (Kunker) 16 anggota Panitia Khusus (Pansus) DPRD Komisi IV Kabupaten Bandung Barat (KBB) di aula Kantor Baznas Kompleks Islamic Center Jalan Pramuka Garut, Kecamatan Garut Kota, Kamis (05/04).

H. Ade Wawan selaku Ketua Pansus IV DPRD KBB sekaligus Pimpinan rombongan menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan, yakni untuk menggali informasi tentang Baznas Kabupaten Garut terutama pembahasan terkait Peraturan Daerah (Perda) dalam pengolahan Zakat. Pihaknya berharap dengan kunjungan ke Kabupaten Garut ini dapat menambah kinerja para anggota dewan Kabupaten Bandung Barat sehingga dapat melengkapi kekurangan yang ada.

“Sengaja Garut menjadi tujuan kami karena pengelolaan zakat di Kabupaten Garut ini patut diapresiasi oleh semua pihak, dan karena dalam hal pengelolaan, pelaporan dan pendistribusian laporannya sudah profesional. Selain itu pengelolaan zakat disini sudah dituangkan dalam Peraturan Daerah, itu yang menjadi tujuan kami kesini,” ujar Ade Wawan, yang juga anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat dari Fraksi PKB tersebut.

Pada kunjungan tersebut, Rd Aas Kosasih menjelaskan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut dalam perolehan, pengumpulan sampai pentashorufan zakat relatif lancar, sukses dan terus ada peningkatan. Aas menuturkan, ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah dan Baznas siap menopang. Selain infak dan shodaqoh, ada gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) dipotong 2,5 persen yang muslim untuk Baznas dan PNS non muslim juga dipotong untuk sedekah/persembahan, tukasnya.

“Rata-rata perolehan zakat di Kabupaten Garut mencapai Rp250 juta setiap bulannya, dan untuk 2018, target perolehan zakat di Kabupaten Garut hingga miliaran rupiah dalam setahun. Adapun hasil dari pengumpulan zakat tersebut dipergunakan untuk membantu masyarakat kurang mampu, memberikan bantuan yang bertujuan untuk kemashlahatan umat dan mengentaskan kemiskinan,” terang Aas.

Baznas Kabupaten Garut saat ini, lanjut Aas, memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok kepada kaum dhuafa, lanjut usia, Garut Cerdas, dengan memberikan bantuan biaya kepada anak didik dalam peningkatan prestasi, serta bantuan biaya bagi anak didik yang terancam putus sekolah. Selain itu ada juga program Garut Sehat, Garut Taqwa, Garut Peduli dan Garut Makmur. Yang tentu semua itu untuk kesejahteraan masyarakat Garut, jelasnya.

“Kedatangan Pansus dari KBB ini akan kami jadikan motivasi, karena bagaimanapun juga kunjungan anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat tersebut merupakaan kebanggaan dan momentum bagi kami untuk terus semangat berkarya, semangat untuk mengumpulkan, semangat untuk menilai amanat, dan untuk mempertanggung jawabkan dari pada apa yang dititipkan pada kami,” pungkasnya. (Igie)**

Hosting Unlimited Indonesia ad

LEAVE A REPLY