Staff Pelayanan Kecamatan Cibatu Garut, Ekstra Sabar Layani Warga

0
344

HARIANGARUT-NEWS.COM -Luasnya wilayah Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut dan jumlah penduduk yang mencapai sekitar 54 ribu jiwa, membuat proses pelayanan e-KTP, KK, dan surat-surat lainnya butuh tenaga ekstra.

Berbagai layanan kependudukan yang diurus secara langsung di Kecamatan Cibatu, membuat kantor yang dipimpin Drs Sardiman Tanjung ini selalu ramai dan dipenuhi warga.

Setiap hari, Staff Pelayanan Kecamatan Cibatu minimal melayani ratusan warga yang mengurus administrasi kependudukan. Antrian warga menjadi hal biasa yang terlihat di setiap Kantor Kecamatan yang ada di Kabupaten Garut ini.

Selain banyaknya warga, permasalahan pengurusan administrasi juga masih diwarnai ketidakfahaman warga saat mengurusnya. Beberapa prasyarat yang wajib dilampirkan, masih saja ada yang kurang lengkap sehingga staf yang bertugas harus melayani mereka dengan ekstra sabar.

“Walau sudah kita pasang informasinya, tidak sedikit masih banyak yang tidak faham sehingga akhirnya uring-uringan di kantor kami. Bagi kami hal ini sudah biasa,” ujar Dimas Nugraha, salah seorang staff pelayanan di Kecamatan Cibatu, Senin (05/02).

Hal inilah yang membuat Dimas dan karyawan honorer lainnya kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk melihat ulang terlebih dahulu prasyarat pengajuan Pendukcapil. Karena dengan kelengkapan administrasi tersebut akan mempermudah dan mempercepat proses pelayanan.

Membludaknya warga mengurus surat-surat, kerap membuat pegawai honorer staff pelayanan di Kecamatan Cibatu ini kerja lembur bahkan begadang hinggal larut malam.

Senada dengan Een, Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah puluhan tahun bertugas di pelayanan Kantor Kecamatan Cibatu ini rupanya sudah kebal menghadapi ketidakfahaman warga yang akan mengurus e-KTP, KK dan lainnya.

“Tentunya kami harus sabar menerangkan penjelasan kepada warga yang kurang memahami mekanisme dan prosedur yang harus ditempuh. Kalau lengkap akan semakin mempermudah pelayanan dan memangkas waktu warga yang mengurus pendukcapil,” ujar Een.

Een mengatakan, kadang bersama pegawai yang lain ia terpaksa harus bekerja lembur hingga malam hari untuk melayani masyarakat yang ingin mengurus surat-surat Kependudukan dan Catatan Sipil tersebut. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY