SMK Mekarmukti Garut, Kembali Memasyarakatkan Olahraga Melalui Lomba Bola Volly

0
238

HARIANGARUT-NEWS.COM – SMK Mekarmukti, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut menggelar turnamen bola voli, untuk siswa SMA/SMK, Se-Wilayah Garut Selatan yang dilaksanakan selama 10 hari. Kepala Sekolah SMK Mekarmukti, Sudrajat AM S Pd I, seperti biasanya, dalam kegiatan ini pihaknya juga menggandeng masyarakat umum dan siswa-siswi dari sekolah lainnya, bahkan untuk tingkat SMA, 80 persen SMA/SMK yang ada di wilayah Garut Selatan diundang oleh pihaknya dalam kegiatan tersebut.

Sudrajat menuturkan, kegiatan ini diikuti oleh 55 klub yang terdiri Tingkat SLTA untuk Putra 18 klub, Putri 12 klub, kategori peserta umum Putra mengirimkan 16 klub dan Putri 9 klub. Dalam kesempatan ini siswa tidak hanya mendapatkan pelajaran seperti biasanya, tapi juga bisa menyalurkan bakat mereka. Karena, imbuh dia, pihak sekolah memang mengonsep sekolah tersebut juga sebagai wadah kreatifitas anak.

“Di sini siswa tidak hanya belajar, tapi kita juga berupaya mewadahi kreatifitas anak dapat tersalurkan. Selain itu, kita juga banyak sekali melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan bakat minat siswa lainnya di luar kegiatan ini, karena kita memang ingin menjadikan sekolah ini sebagai tempat belajar sekaligus melepaskan kreatifitas anak, atau taman siswa, seperti kata tokoh pendidikan Indonesia, Kihajar Dewantara, kita buat dalam wujud yang sebenarnya,” ulasnya.

Namun demikian, menurut Sudrajat, bagian pendidikan bukan berarti porsinya lebih kecil atau ditinggalkan, namun tetap diutamakan. Pihaknya berupaya menyeimbangkan antara keduanya. Sehingga tidak ada kata jenuh yang dirasakan oleh siswa selama bersekolah di sana.

“Walau kita punya wadah penyaluran bakat, tapi pendidikannya tidak ditinggalkan. Kalau dilihat penyaluran bakat dan pendidikannya, itu seimbang 50 persen, sehingga anak-anak kalau acara seperti ini, mereka sangat antusias sekali. mereka tidak jenuh belajar di dalam kelas, tapi sebagian waktu yang mereka miliki di sekolah bisa dijadikan mereka untuk penyaluran bakat,” tuturnya.

Selama kegiatan tersebut dilaksanakan, menurut Sudrajat, kegiatan belajar dan mengajar tetap berlangsung seperti biasa. Guru juga tidak perlu terlibat dalam kegiatan tersebut, karena acara tersebut sudah dihandle oleh pihak OSIS yang diberikan kewenangan dan kepercayaan dalam melaksanakan acara tersebut.

“Selama dilakssanakan kegiatan tersebut, proses belajar dan mengajar tetap dilaksanakan. Kita juga minta bantu OSIS untuk menyelenggarakan kegiatan, sehingga proses belajar mengajar tetap dilaksanakan seperti biasa. Sementara tujuan lomba bola volly ini digelar yakni untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Selain itu juga supaya masyarkat di Kecamatan Mekarmkti sadar akan pentingnya kesehatan,” pungkasnya. (Fitri F)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY