Serap Aspirasi, Oman Abdurrahman Gelar Reses dan Bukber Bersama Warga Pakuwon Garut

0
196

HARIANGARUT-NEWS.COM – Guna menyerap aspirasi masyarakat, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut dari Fraksi Demokrat, Drs Oman Abdurrahman, melakukan reses sekaligus buka bersama, di Gedung Serba Guna, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Sabtu (02/06) sore. Hadir pada kesempatan itu, Lurah Pakuwon beserta staf Kelurahan setempat, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan para tamu undangan lainnya.

Oman Abdurrahman mengatakan, serap aspirasi masyarakat ini salah satunya melalui kegiatan reses. Mereka mendapat kesempatan reses paling lama tiga kali setahun untuk terjun langsung bertemu konstituennya ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Dalam kegiatan ini mereka bisa memanfaatkan untuk menyerap segala aspirasi dari masyarakat lalu dicarikan solusi, katanya.

“Kita disini untuk menyerap aspirasi masyarakat baik itu bidang pembangunan dan lainnya. Ada beberapa hal yang cukup penting yang diadukan oleh masyarakat di forum tersebut. Mulai dari masalah infrastruktur, pendidikan dan sulitnya menerbitkan BPJS,” kata Oman Abdurrahman kepada wartawan.

Menurut dia, kegiatan reses tersebut telah sesuai dengan yang diatur pemerintah melalui UU Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR dan DPD serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Dimana aspirasi masyarakat yang diserap untuk bahan usulan yang akan dipilih pada penyusunan pembangunan untuk anggaran tahun selanjutnya.

“Informasi dari warga secara langsung ini, merupakan aspirasi yang saya perjuangkan. Jadi, pembangunan di setiap Desa dan Kelurahan nanti bisa merata. Setiap aspirasi masyarakat akan ditampung oleh anggota DPRD Kabupaten Garut,” bebernya.

Ia pun mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang sudah berkenan hadir pada kegiatan tersebut. Sambutan masyarakat cukup terbuka ini menandakan masyarakat sudah mempunyai rasa kepentingan untuk memajukan daerahnya, tukasnya.

Sebenarnya, dengan adanya reses yang dilakukan ini anggota DPRD Kabupaten Garut dapat mengetahui secara lebih jauh tentang kondisi masyarakat. Sehingga dapat mengoptimalkan pelaksanaan program di berbagai wilayah. Selain melaksanakan tugas dan fungsi kedewanan, menurut Oman kegiatan reses ini dilakukan untuk mendukung dan mengoptimalisasi kinerja DPRD Kabupaten Garut.

“Sejauh yang kita ketahui bersama, situasi dan kondisi masyarakat kita saat ini memiliki mobilitas yang tinggi, sehingga menuntut anggota dewan juga memiliki kemampuan yang cepat, tanggap dan tinggi dalam menyerap apa yang terjadi di masyarakat. Dan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat di daerah pemilihan masing-masing anggota dewan itu sendiri,” tambahnya.

Sementara itu, Lurah Pakuwon Kecamatan Garut Kota, Tendi Sugandi SIP menuturkan, dari kegiatan reses tersebut akan didapatkan masukan dan usulan dari masyarakat terkait pembangunan.

“Semua masukan akan menghasilkan catatan bagi anggota DPRD untuk dibawa ke masa persidangan dan dipertimbangkan serta di tindaklanjuti. Jika aspirasi itu dapat dimasukan kedalam rencana kerja tahun depan,” ujar Tendi.

Aspirasi yang menjadi perbincangan hangat yaitu soal keinginan masyarakat memajukan wilayah mereka. Infrastruktur dan pencanangan program kesejahteraan menjadi pekerjaan rumah dan catatan penting di buku anggota dewan.

“Anggota DPRD menjadi kepanjangan tangan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi. Karena itu, mereka harus mau mendengarkan dan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Mereka juga harus menjalankan fungsi legislatif, anggaran dan pengawasan. Pada kesempatan ini warga pun kompak mengadu kepada wakil rakyat untuk sebaiknya ditindak lanjuti apa yang menjadi keluhan masyarakat,” pungkas Lurah Pakuwon. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY