Selain Curug Kancil, Si Layung Park Menjadi Wahana Baru di Cibatu Garut

0
1225

HARIANGARUT-NEWS.COM-Dalam rangka mewujudkan tata kelola administrasi desa yang sesuai perundangan yang berlaku untuk desa, Aparatur Pemerintah Desa dibawah Koordinator Sekretaris Desa Se-Kecamatan Cibatu gelar acara silaturahmi dan diskusi untuk satukan persepsi, Jum’at (10/02) di kampung Dukuh Desa Karyamukti, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut. Hadir para Sekretaris Desa dan Perangkat Desa dari 11 Desa di Kecamatan Cibatu.

Sekretaris Desa Padasuka Kecamatan Cibatu, Muhammad Zaenal, didampingi para Sekretaris Desa lainnya menyampaikan bahwa pertemuan ini adalah kegiatan rutin dalam rangka silaturahmi dan diskusi guna mensinergikan, menyelaraskan tatakelola administrasi pemerintah desa agar satu persepsi semua desa khususnya di Kecamatan Cibatu.

Para Sekdes Se Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut, menggali potensi Sumber Daya Alam (SDA) di wilayah desa masing-masing, Jumat (16/02).

“Tentunya guna mendorong suksesnya program kerja dan Visi Misi Kepala Desa dalam melaksanakan kegiatan yang tertuang dalam Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDES) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) yang ditetapkan oleh Kepala Desa. Juga guna membangun komunikasi dan kesepahaman dalam penatausahaan keuangan desa, sesuai dengan Permendagri 113 tahun 2014,” ujar Zaenal.

Dia juga menambahkan, sengaja kegiatan ini dilakukan sambil keliling wilayah desa agar ada contoh konkrit, baik itu kegiatan fisik infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, maupun program unggulan desa atau inovasi desa dalam Pencanangan Desa Wisata, yang tentunya harapan kedepan akan mendorong perekonomian masyarakat desa.

Setiap desa bisa merancang dan merencanakan untuk menjadi tujuan wisata, tiada lain harapannya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa, ini sesuai dengan program pemerintah pusat dalam Program Inovasi Desa. Tiga lokasi desa di Kecamatan Cibatu yang bisa dibuat pilot projek Desa Wisata, seperti Curug Kancil Desa Padasuka, hamparan Silayung yang rencananya jadi Silayung Park, Wisata Religi dengan adanya Makam Keramat Bungarungkup Desa Girimukti.

“Sebelas desa di Cibatu punya seni khas yang bisa diangkat dan dilestarikan untuk menjadi objek wisata, ada seni Lais, Badeng, Surak Ibra, Rampak Domba, Seni Dogar, pencak silat dan lain lain, itu perlu perhatian pemerintah dan kita semua, guna melestarikannya,” pungkas Zaenal. (NDY)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY