Sat Pol PP Tertibkan Baliho Peserta Pilkada Garut 2018

0
584

HARIANGARUT-NEWS.COM – Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Garut terlihat menurunkan dan mencopot spanduk maupun baliho para bakal calon Bupati Garut, Selasa (24/01).

Hal tersebut dilakukan karena pemasangan spanduk dan baliho tersebut tidak memiliki izin bahkan dipasang di tempat yang tidak semestinya.

Baliho bakal calon bupati yang menjadi sasaran penertiban Satpol PP itu bukan hanya milik salah satu calon. Seluruh kandidat peserta pilbup atau Pilkada Garut 2018 yang memasang gambar semacam itu ditertibkan.

Sekretaris Dinas Sat Pol PP Kabupaten Garut, Dede Romansyah mengatakan, penertiban hari ini petugas mencopot spanduk dan baliho yang tepasang di tiang listrik serta pohon disepanjang jalan yang ada di wilayah Garut Kota.

“Penertiban ini kita lakukan di jalan protokol, karena adanya spanduk maupun baliho tersebut merusak keindahan kota,” kata Dede.

Dede menuturkan, penertiban ini tidak hanya dilakukan hari ini saja, tetapi akan terus hingga spanduk dan baliho yang melanggar aturan sudah tidak ada yang terpasang lagi.

“Petugas akan melakukan penyisiran disetiap wilayah di Garut hingga semua spanduk maupun baliho yang bermasalah sudah diturunkan,” tuturnya.

Sebelumnya, kata Dede, melalui Surat Edaran sesuai dengan Perda Kabupaten Garut Nomor 12 Tahun 2015 Pasal 8 poin “e” Tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan, pihaknya telah memberikan himbauan untuk tidak memasang reklame, spanduk baliho dan sejenisnya di tempat-tempat tertentu.

“Sebetulnya bukan karena menjelang Pilkada saja kami melakukan kegiatan tersebut. Ini sudah menjadi operasi rutin dalam rangka menyisir baliho atau spanduk yang menempel di pohon, tiang listrik, pagar pembatas jalan, pagar taman, ruang terbuka hijau, maupun yang melintang di jalan protokol atau menghalangi rambu lalu lintas dan penerangan jalan umum,” pungkas Sekdis Sat Pol PP Kabupaten Garut.

Ditambahkan Dede, sebelum menurunkan baliho atau spanduk, dirinya beserta jajaran selalu persuasif dan kooperatif dengan mengingatkan atau menghubungi terlebih dahulu kepada para pihak yang memasang. (Igie)

 

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY