Sang Fenomenal, Budak “Yudi Kamsut” Baong dari Ponpes Darusallam Garut

0
715

HARIANGARUT-NEWS.COM – Sang Fenomenal. Mungkin itu salah satu istilah yang tepat menggambarkan kehadiran seorang Yudi Muhamad Aulia di panggung politik Garut. Kepiawaian seorang “Kamsut”, begitu sahabat dekatnya memanggil, piawai dalam bersilat lidah menjadikan nuansa politik, pun media menjadi dinamis.

Yudi Kamsut, seolah-olah telah menjadi politik identitas yang kadang menjadi “kerikil demokrasi” di Kabupaten Garut. Namun demikian, Yudi memiliki keistimewaan. Ia bukan saja dicintai oleh keluarga atau rekan-rekan aktivis maupun pengurus partai berlambang Ka’bah yang membesarkannya, melainkan juga oleh musuh politiknya.

Perseteruan atau hubungan panas selalu tercipta dengan siapapun yang terpisah atau berbeda pilihan sekoci politik, namun semua yang dibelanya itu selalu untuk kepentingan khayalak banyak. Egoisme politik membuat Yudi Kamsut selalu menyimpan harga diri setinggi-tingginya di hadapan para rivalnya. Itulah kenapa, misalnya, kita sangat sulit melihat keakraban kembali para politisi, meski keduanya pernah berada di perahu yang sama.

Dengan demikian, apa yang diperlihatkan Yudi dengan lawan politiknya perlu dijadikan contoh. Hubungan personal selalu dijaga baik-baik, meski rivalitas di antara mereka mungkin sangat sengit karena berada di perahu yang berbeda. Rivalitas yang dibungkus dengan pertemanan inilah yang agaknya penting dijawantahkan di dalam kehidupan politik Garut dewasa ini. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY