Polisi Gelar Dikmas Lantas Kepada Puluhan Ojeg Wanaraja Garut

0
187

HARIANGARUT-NEWS.COM–Kapolsek Wanaraja Resor Garut, Kompol Tommy Widodo Arief SH bersama Kanit Lantas (Lalu lintas) Ipda Anang Sonjaya, Jumat (09/02), menggelar Penyuluhan dan Dikmas kepada lebih dari 40 tukang ojek yang ada di wilayah hukum Polsek Wanaraja di aula Kantor Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut.

Dalam sambutannya Anang menghimbau agar tukang ojek dapat mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta kelengkapan kendaraan seperti kaca spion, lampu sein, serta membawa helm dua.

“Resiko menjadi tukang ojek lebih besar daripada berkendara sendiri. Resiko yang dimiliki tukang ojek sama dengan resiko angkutan umum. Mereka membawa penumpang hingga tujuan dan bertanggungjawab terhadap keselamatan penumpangnya,” katanya.

Ipda Anang melanjutkan, ada 4 faktor penyebab terjadinya kelalaian berlalu lintas antara lain kelalain manusia (human eror), Kendaraan yang tidak layak, kondisi jalan raya, dan terakhir faktor cuaca.

“Akan tetapi persentase terbanyak terjadinya Laka Lantas dikarenakan faktor manusia (Human eror). Pentingnya sosialisasi ini dilakukan agar para pengendara dapat berhati-hati dalam berkendara dan Sadar akan pentingnya keselamatan diri,” terang Kanit Lantas Polsek Wanaraja.

Sementara Kapolsek Wanaraja mengatakan, kegiatan ini bagian dari sosialisasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 yang merupakan upaya premetif Polsek Wanaraja dengan tujuan untuk meminimalisir pelanggaran yang dapat berakibat kecelakaan lalu lintas dan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan, tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula Camat Wanaraja Ganda Permana Sos M Si, Danramil Wanaraja, Kapten Inf Tatan Murtani, Kepala Desa Wanaraja dan puluhan anggota Ojeg Se-Kecamatan Wanaraja. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY