Plt Sekda Garut Kembali Tegaskan ASN Jaga Netralitas

0
170

HARIANGARUT-NEWS.COM – Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Drs H Uu Saepudin ST M Si, kembali melarang seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Garut untuk terlibat secara langsung dalam proses Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018.

Uu meminta kepada para ASN agar tidak boleh ikut berkampanye dan terlibat sebagai tim sukses dalam memenangkan calon kepala daerah tertentu. Sampai sejauh ini, kata Uu, tidak ada laporan ASN yang terlibat.

“Kalau ada laporan nanti kita akan tindak sesuai dengan aturan yang berlaku. Jadi tidak boleh ada ASN yang terlibat langsung jadi juru kampanye, jadi tim sukses segala macam untuk salah satu kandidat,” kata Uu usai melaksanakan Apel Pagi di lapangan Setda Garut, Senin (04/06).

Dia mengungkapkan, pegawai negeri sipil atau ASN boleh saja untuk sekedar mendengarkan visi-misi calon kepala daerah. Namun, tidak dibenarkan bila ada ASN yang terlibat secara langsung untuk berkampanye atau menjadi tim sukses calon tertentu. Dia juga mengharapkan agar pilkada jangan sampai membuat ASN menjadi terpecah belah dan membuat kelompok-kelompok.

Menurut Uu, posisi ASN dalam undang-undang sudah sangat jelas, yakni mengambil posisi netral. Dia mengatakan, ASN juga memiliki hak demokrasi untuk memilih siapa yang berhak menjadi pemimpin. Namun, secara spesifik setiap ASN dibatasi untuk terlibat secara langsung dalam memenangkan calon tertentu.

“Kami sudah sepakat dengan Mendagri, ASN tidak ikut ikutan dalam berpolitik, silahkan mmilih calon yang bapa ibu suka ,tetapi jangan ikut dalam tim sukses. Mudah-mudahan dengan netral itu semuanya aman dan tidak di-nonjobkan-kan,” pungkas Uu. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY