Pjs Bupati Koesmayadie : Potensi Perkembangan Jeruk Garut Kembali Menggeliat

0
196

HARIANGARUT-NEWS.COM – Kabupaten Garut memiliki berbagai potensi wisata termasuk agrowisata yang layak untuk dikembangkan dan menjadi daya tarik untuk dijadikan destinasi wisata. Potensi agrowisata yang menarik dikembangkan yaitu buah khas daerah Jeruk Garut yang dapat dipetik dan dinikmati langsung dari kebunnya.

Pjs Bupati Garut didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut dan Forkopim Kecamatan Samarang mengunjungi para Petani Binaan UPT Pertanian di Kampung Pogor, Desa Cinta Rakyat, Kecamatan Samarang, Senin (19/03). Koesmayadie mengungkapkan, Jeruk Garut memiliki rasa yang khas yakni manis keasam-asaman, dan itulah yang membuat semua orang ketagihan hingga membawa predikat Garut ke tingkat Nasional dalam budi daya Jeruk.

“Kami berharap agar masyarakat Kabupaten Garut yang memiliki lahan cukup luas supaya mengembangkan produk jeruk dan kopi dimana kedepanya akan bagus sebagai pendapatan warga masyarakat yang cukup menjanjikan. Kami ucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian yang selalu bergaining bersama para petani binaan guna memperluas daya saing pemasaran,” ungkap Pjs Bupati Garut, Senin (19/03).

Sementara Kepala Kasi Buah-Buahan dan Tanaman Hias dari Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Rieza Fauzani, menurutnya potensi pengembangan pohon jeruk ada di beberapa Kecamatan seperti daerah Samarang, Pasirwangi, Karangpawitan, Sucinaraja, Pangatikan, Sukawening, dan Wanaraja. Dia menuturkan, dari satu pohon jeruk bisa mendapatkan 10 sampai 20 kilogram jeruk.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Garut mengajak kepada masyarakat petani untuk mengembangkan potensi lokal yang dimiliki. Tanaman yang berpotensi memiliki nilai ekonomis salah satunya adalah jeruk. Upaya dan keberhasilan selama ini tentu tidak lepas dari dukungan dan kerja keras berbagai pihak. Semoga tanaman jeruk ini bisa berbuah dan hasilnya bisa dipanen untuk kesejahteraan warga,” pungkas Rieza. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY