Pjs Bupati Garut Uraikan Hasil Rapat Paripurna Khusus Pembahasan LKPJ dan Reses DPRD

0
214

HARIANGARUT-NEWS.COM – DPRD Kabupaten Garut menggelar Rapat Paripurna Khusus Terbatas Masa Sidang I Tahun Sidang 2018 dalam rangka Pembahasan LKPJ Bupati Akhir Tahun 2017 dan Pembahasan Laporan Hasil Reses Masa Sidang I Tahun 2018 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Jalan Patriot, Senin (30/04). Penyampaian laporan hasil pembahasan, persetujuan DPRD dan pendapat akhir Kepala Daerah terhadap LKPJ Bupati Garut berlangsung hingga pukul 00.30 WIB.

Usai Rapat Paripurna, Pjs Bupati Garut, Koesmayadi Tatang Padmadinata didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut, Nurdin Yana, menyampaikan hasil pembahasan Panitia Khusus (Pansus), terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian Pansus diantaranya, menitik beratkan kepada sektor Kesehatan, Kependudukan dan Pendidikan.

“Hasil pembahasan sudah disetujui beberapa masukan yang harus kita lanjuti dan tentunya ada plus minus. Kalau yang bagus ya kita pertahankan. DPRD telah menyampaikan pendapat-pendapatnya tentang perbaikan dan sebagainya terhadap penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten sendiri, untuk itu masukan, kritikan, saran, dari DPRD itu kita harapkan akan bisa lebih baik dalam membangun Kabupaten Garut ini. Ada beberapa sektor, yang harus dibenahi adalah Kesehatan, Pendidikan dan Kependudukan. Kalau Kependudukan, ya karena memang kemarin terjadi prahara, belum lagi menjelang Pilkada, saya kira itu mungkin tingkat kesulitannya. Kantor Disdukcapil kebetulan berhadapan dengan rumah dinas saya, nanti mudahlah untuk komunikasi,” ujar Koesmayadie.

Koesmayadie berharap agar Pemerintah Daerah Kabupaten Garut bersama dinas terkait dapat bersinergi dan benar-benar memastikan penyelesaian masalah-maslah diatas demi peningkatan dan kemajuan pembangunan baik fisik maupun mental serta peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan.

“Kami juga memberikan apresiasi kepada pegawai-pegawai yang ada di Disdukcapil. Mereka tak mengenal lelah dan tak pernah libur di hari Sabtu-Minggu untuk menyelesaikan persoalan-persoalan terutama masalah e-KTP. Kalau pelayanan publik di Rumah Sakit kendalanya perbandingan antara tenaga medis dan non medis yang masih kurang. Ilustrasinya dalam satu populasi yang harus dilayani banyak, sementara yang melayaninya sedikit jelas tidak akan pool. Mudah-mudahan sejalan dengan pemerintah pusat untuk bisa menambah tenaga medis dan tenaga guru kedepannya,” tandas Pjs Garut, Senin (30/04) malam.

Pansus DPRD, sambung Koesmayadie, memberikan saran dan dukungan agar pemerintah daerah melalui dinas terkait dalam menyusun kegiatan harus benar-benar menyentuh kepentingan masyarakat. Dan menggunakan anggaran yang ada dengan baik dan transparan sesuai aturan dan Perundang-undangan yang berlaku, agar tercapai kembali target Opini Wajar Tanpa Pengecualian, meningkatkan mutu pelayanan pendidikan dan medis di RSUD, memberikan pelayanan e-KTP dengan mudah, meningkatkan pelayanan dan keamanan di objek-objek wisata dan melakukan promosi.

Sementara itu, dalam kesempatan wawancara penyampaian pendapat akhir kepala daerah, Pjs Bupati Garut mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada ketua dan seluruh anggota DPRD Garut yang telah mencurahkan segenap tenaga dan waktu yang telah melakukan pengkajian dan pembahasan yang objektif dan mendalam terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) sehingga dapat disetujui bersama.

“Dengan telah dilaksanakannya pembahasan LKPJ yang disampaikan memiliki nilai dan makna yang sangat strategis, mengingat setelah ini pemerintah daerah harus mempersiapkan draf dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” ujarnya.

Pjs Bupati menyampaikan, bahwa sejumlah keberhasilan dan prestasi mampu diwujudkan, namun masih ada sejumlah kendala dari proses pembangunan yang dilaksanakan dan keberhasilan ini harus terus ditingkatkan karena masih banyak potensi-potensi di Kabupaten Garut yang bisa dikembangkan. Dalam penyajian uraian LKPJ tadi dijelaskan dan digambarkan secara menyeluruh pelaksanaan atas penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang telah dicapai oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Garut , antara lain, dengan menyajikan data dan informasi, fakta dan ilustrasi pelaksanaan kegiatan serta keluaran (output) dan hasil (outcome), yang kesemuanya dalam rangka, secara bertahap mewujudkan masyarakat Garut yang sejahtera dan berkeadilan. Karena, imbuh Koesmayadie, penyampaian LKPJ daerah ini sangat penting sebagai bentuk pertanggungjawaban kepala daerah dalam mengemban amanah rakyat, paparnya.

“Saya menyadari kedepannya tantangan akan semakin besar. Dan akan menjadikan catatan dan rekomendasi dari Pansus LKPJ akan menjadi bahan masukan dalam penyusunan RPJMD diwaktu yang akan datang. Saya juga selaku pejabat sementara Bupati mengucapkan terimakasih atas kebersamaan dalam membangun Garut dan dapat terus ditingkatkan demi memajukan masyarakat Garut yang lebih sejahtera, agamis dan damai,” pungkasnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY