Pjs Bupati Garut, LKPJ adalah Pertanggungjawaban OPD kepada Masyarakat

0
158

HARIANGARUT-NEWS.COM – Pjs Bupati Garut, Koesmayadi Tatang Padmadinata, mengatakan hasil Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun 2017 oleh Panitia Khusus (Pansus) LKPJ masih perlu diperbaiki. Hal tersebut disampaikan Koesmayadi sebelum menggelar rapat bersama para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan para camat Se-Kabupaten Garut, Senin (09/04).

“LKPJ nanti kita akan bahas dengan para pimpinan. Ada beberapa yang barangkali memang harus diperbaiki. Kekurangan-kekurangan pasti ada, tapi insya Allah tidak terjadi yang prinsip. Yang jelas, sekarang saya meminta pemahaman soal LKPJ itu. Jangan hanya dipahami oleh assisten 1 saja, tapi oleh semuanya. Karena apa, itu bentuk akuntabilitas atau pertanggungjawaban Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terhadap penyelenggaraan kegiatan. Artinya itu adalah pertanggungjawaban kepada masyarakat yang agregatnya dari semua instansi,” ungkap Koesmayadi.

Pokok-pokok LKPJ Pemkab Garut tahun 2017 disampaikan Koesmayadi terkait gambaran umum daerah. Pihaknya akan mencermati secara seksama hasil dan materi LKPJ tersebut sebagai evaluasi kinerja Pimpinan Daerah melalui Panitia Khusus DPRD, termasuk program apa saja yang harus diperbaiki sehingga dalam penyusunan APBD bisa betul-betul mengena dan bisa berjalan untuk kepentingan masyarakat Garut, ucapnya.

“Ada yang kita kenal dalam manajemen evaluasi diri. Dulu yang saya bacakan ada 92 halaman, itu semuanya evaluasi diri daripada eksekutif. Nanti evaluasi diri itu apakah cukup atau tidak. Kalau tidak kenapa? Karena Dewan punya fungsi kontrol dan pengawasan sehingga nantinya kalau ada kekurangan ya diperbaiki,” papar Koesmayadi kepada awak media. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia ad

LEAVE A REPLY