Pjs Bupati Garut Buka Lomba Keterampilan dan Seni PAI Tingkat Kabupaten

0
179

HARIANGARUT-NEWS.COM – Kementerian Agama Kabupaten Garut, PGRI Kabupaten Garut, dan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KGG PAI) Kabupaten Garut menyelenggarakan kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI)
Tingkat Kabupaten Garut Jenjang Sekolah Dasar Tahun 2018. Sedikitnya 1044 peserta dari 36 Kecamatan Se-Kabupaten Garut yang hadir ikut dilombakan bertempat di Gedung Pendopo, SDN Regol dan SDN Kiansantang, Sabtu (17/03).

Acara yang bertemakan “Mewujudkan Generasi Islami yang Cerdas, Beriman dan Bertaqwa dengan Semangat Islami Rahmatan Lil Alamin” ini dihadiri Pjs Buapti Garut, Ir H Koesmayadie Tatang P, Perwakilan Kementrian Agama yg di wakili Engkos Kosasih M Pd, KGG PAI Propinsi Jawa Barat, Ketua PGRI Kabupaten Garut Drs H Mahdar Suhendar M Pd, para Kepala UPT Pendidikan dan tamu undangan lainnya.

Siswa-siswa SD dari 36 Kecamatan Se-Kabupaten Garut mengikuti lomba Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PAI), Sabtu (17/03).

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Garut sangat mengapresiasi dengan adanya Lomba Seni Pendidikan Islam Tingkat Kabupaten Garut tersebut. Yang dimana, kata dia, kegiatan ini akan membawa nama baik citra dunia pendidikan, karena peran serta guru sangat besar dengan mencetak karakter anak bangsa sebagai penerus cikal bakal pemimpin Kabupaten Garut dan Indonesia umumnya.

“Pentas tingkat Kabupaten Garut ini diharapkan dapat menjadi sarana aktualisasi diri bagi peserta didik dalam hal pendalaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai ajaran Islam. Kedepannya, dengan adanya Pendidikan Agama Islam (PAI) ini, diharapkan bisa lebih mencetak pribadi anak yang soleh dan solehah, membuat masa depan Kabupaten Garut menuju Baldatun Thayyibatun wa rabbun Ghafur,” ujar Koesmayadi.

Bupati Koesmayadi menambahkan, Pentas PAI diharapkan dapat memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih bergairah mempelajari dan mencintai Pendidikan Agama Islam. Selain itu, dapat mempererat ukhuwwah Islamiyah, membina persaudaraan, dan kesatuan bangsa di kalangan siswa, pungkasnya.

Sementara, dalam sambutannya Ketua PGRI Kabupaten Garut, Mahdar Suhendar mengucapkan terima kasih kepada Pjs Bupati Garut yang telah membuka acara, dan juga kepada dinas terkait serta seluruh pengurus KGG PAI yang telah mengikutsertakan muridnya serta para orang tua peserta yang hadir.

Dia menghimbau kepada semua panitia untuk memberikan penilain yang obyektif dan transparan, karena karakter anak akan akan mampu berinovasi sesuai pribadinya. Apalagi kata Mahdar, hasil dari perlombaan ini akan di bawa ke Tingkat Jawa Barat yang akan berlangsung di Kabupaten Ciamis.

“Dan yang tidak kalah pentingnya, Pentas PAI diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat, bakat, dan kreativitas pada bidang keterampilan dan seni PAI, serta menanamkan sikap keberanian, kemandirian, dan sportivitas di kalangan siswa,” pungkas Mahdar.

Sementara itu, jenis mata lomba yang dikompetisikan terdiri dari Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Lomba Pildacil PAI, Musabaqah Hifzil Quran (MHQ), Lomba Cerdas Cermat PAI, Lomba Kaligrafi Islam, Lomba Qasidah, dan Lomba Hifdzil Quran. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia ad

LEAVE A REPLY