Persiapan Lebaran, Kapolda Cek Pos Pelayanan Terpadu di Limbangan Garut

0
406

HARIANGARUT-NEWS.COM – Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto bersama rombongan Kodam III Siliwangi melakukan kunjungan kerja sekaligus Apel Gelar Pasukan dan memantau kesiapan Pos Pengamanan Terpadu di Jalan Raya Bandung-Tasik, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Senin (28/05). Kunjungan itu dalam rangka melakukan pengecekan terhadap kesiapan Polres Garut dalam menghadapi pengamanan hari raya Idul Fitri 1439 H.

Didampingi Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna SIK dan pejabat di jajaran Polres Garut, Kapolda datang sekitar pukul 09.00 WIB. Setelah disambut oleh Kapolres, Kapolda yang didampingi Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman M Si, langsung melakukan pengecekan terhadap Tim Khusus Polres Garut. Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan pengarahan kepada personil gabungan yang hadir di lapangan alun-alun Kecamatan Limbangan.

Selain jajaran Kepolisian Resor Garut beserta PJU, hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0611 Garut, Letkol Inf Arsyraf Aziz S Sos, Danki Subden 4 Detasemen A Pelopor Sat Brimob Polda Jabar, Kadishub Garut, Kasat Pol PP Garut, Kalak BPBD Garut, Ka Dinkes Garut, Kapolsek Limbangan AKP Haris Gunawan SH, Danramil Limbangan Kapten Czi Dayat Juhanda, Camat Limbangan Drs Arip Rumdana, dan personel gabungan TNI/Polri serta instansi terkait. Pada kesempatan tersebut, Kapolres Garut langsung memaparkan kondisi lalu lintas di jalur Bandung-Tasik yang dipastikan bakal terjadi lonjakan menjelang libur panjang hari raya Idul Fitri 1439 H.

Agung Budi Maryoto mengatakan, pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2018 untuk arus mudik dan arus balik tahun ini, Polda Jabar mengerahkan kurang lebih 16.200 personil yang terdiri Polda, Polres dan Polsek- Polsek, kemudian dari TNI hampir 6000 personel, ditambah dari anggota instansi terkait lainnya. Agung mengatakan, fasilitas untuk posko di Limbangan cukup bagus karena dilengkapi pos kesehatan dan kamar kecil sehingga pemudik bisa beristirahat dengan leluasa.

“Karakteristik libur menjelang lebaran tahun kali ini memang sedikit berbeda, sebab jatuhnya pada libur panjang. Oleh karena itu saya sengaja mampir untuk mengecek kesiapan Operasi Ketupat yang Insya Allah akan kita mulai dari tanggal 8 Juni nanti. Adapun pos-pos keamanan, pelayanan kesehatan dan para Kapolres juga sudah mengantisipasi penanganan terorisme, kita harus persiapkan semua itu dan harus menjadi perhatian kita bersama,” pungkas Kapolda Jabar, Senin (28/05).

Sementara Kapolres Garut menyampaikan pemaparan sekaligus Launching Aplikasi Mudik Polres Garut, yang dimana aplikasi Sapa Polres Garut tersebut dilengkapai dengan fitur yang bisa membantu para pemudik menemukan Objek Wisata, SPBU, ATM, Rumah Sakit, Kantor Pemerintahan, Kantor Polisi dan lainnya, tandasnya.

“Aplikasi ini bisa diakses oleh siapa saja bagi pengguna Android dengan sebelumnya mendownload terlebih dahulu melalui Playstore. Setelah itu pengguna melakukan registrasi dengan mendaftarkan akun dirinya untuk masuk ke Aplikasi Sapa Polres Garut ini. Selain itu kenyamanan masyarakat ditunjang dengan adanya Panic Button, sebuah aplikasi keamanan yang berguna sebagai pencegahan kejahatan dan meminta bantuan petugas kepolisian,” pungkas Kapolres Garut. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY