Pemkab Garut Bentuk Tim Cegah Penyebaran Virus Difteri

0
169

HARIANGARUT-NEWS.COM – Penyakit difteri kembali menyerang warga Kabupaten Garut. Penderita difteri itu yakni WNR warga Kecamatan Tarogong Kidul, dan YS warga Kecamatan Leles, yang saat ini sedang dirawat di RSUD dr Slamet Garut.

Kasubag Informasi dan Hukum RSUD dr Slamet Garut, Iwa Kartiwa SKM MH Kes menyampaikan, pada Kamis 25 Januari 2018 lalu, kedua pasien pengidap difteri tersebut di rawat di RSUD dr Slamet Garut.

“Kedua pasien sudah diperiksa dan positif mengidap virus difteri. Sekarang sudah diruang isolasi, pasalnya difteri sangat mudah menular, kalau tidak diisolasi, penyakit itu bisa menyebar kepada yang lain melalui droflet dan udara,” kata Iwa, Senin (29/01).

Dengan masuknya kedua pasien tersebut, imbuh Iwa, ada 8 pasien difteri yang dirawat di RSUD dr Slamet Garut. Sebelumnya, enam orang pasien secara berturut-turut dirawat disini, ujarnya.

Sementara, Bupati Garut Rudy Gunawan SH MH mengatakan, pihaknya akan terus melakukan vaksinisasi.

“Vaksinisasi ini sudah kita lakukan sejak beberapa bulan yang lalu, dengan cara membentuk tim datang ke daerah-daerah tertentu, ada juga yang datang ke Puskesmas,” tandas Bupati.

Bupati melanjutkan, bahwa Pemkab Garut akan menambah vaksin guna mencegah penyebaran virus difteri secara gratis. Selama ini, lanjut Bupati, ada pihak-pihak yang mengkomersilkan vaksin yang datang dari perusahaan, tapi kalau dari Pemkab Garut sendiri gratis untuk masyarakat, pungkasnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY