Para Abdi Negara di Garut Dituntut Membuat Laporan Ala Wartawan

0
294

HARIANGARUT-NEWS.COM – Selama dua hari berturut-turut Rabu dan Kamis, 25 dan 26 April 2018, kegiatan In House Training Pembuatan Press Release bagi aparatur di dua kecamatan (Pasirwangi dan Banyuresmi), diapresiasi penuh. Terbukti peserta mengikutinya dengan antusias. Bahkan di Kecamatan Banyuresmi, Camat Drs H Nurodin M Si, mewajibkan para aparatur desa, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kesehatan dan UPT Dinas Pendidikan, serta aparatur kecamatan untuk ikut kegiatan selama 3 jam ini.

Camat Banyuresmi memandang kegiatan ini sebagai bentuk pengembangan kapasitas aparaturnya dalam mengemas informasi menjadi sebuag produk yang dapat di-publish ke publik melalui media yang ada. Publikasi melalui media bisa mengindikasikan hidupnya kegiatan yang dikelola kecamatan.

“Ada istilah No News No Activity, kita menjadi tidak ada apa-apanya bila kegiatan kita tidak terpublikasikan”, ujarnya ketika memberikan pengarahan kepada 20 orang peserta yang hadir, di Aula Kecamatan Banyuresmi, Kamis (26/04) kemarin. Maka, pihaknya menangkap gagasan Dinas Komunikasi dan Informatika dalam peningkatan kemampuan aparatnya dalam mengolah informasi melalui kegiatan In House Training.

Meski demikian, kegiatan ini tidak cukup sekali diselenggarakan, namun perlu keberlanjutan, agar aparatur terbiasa menginformasikan kegiatannya, sehingga berdampak kepada masyarakat dalam membangun daerahnya.

“Makanya kami meminta peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik, bahkan kami berikan reward kepada peserta dengan hadiah lima ratus ribu rupiah, bila hasil rilisnya dianggap baik”, katanya.

Senada dengan camat, Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik, H. Yusep Ruslan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari Surat Bupati Garut tentang Evaluasi Penyampaian Rilis Berita SKPD. Ia berharap dengan keterlibatan SKPD kecamatan, berbagai potensi wilayahnya dapat terekspose dengan kemampuan aparaturnya mengolah informasi yang memenuhi kaidah-kaidah yang telah diatur.

“Hasil karya rilis itu akan di publikasikan melalui Media Center Diskominfo Kabupaten Garut,” ujarnya disela-sela kegiatan.

Di Kecamatan Banyuresmi, In House Training, diisi dengan materi teknik pembuatan press release, serta praktek peliputan ke lapangan, dan praktek penyusunan press release, termasuk teknik input rilis untuk dikirim ke Media Center. Seluruh peserta didampingi tim dari Diskominfo ditugaskan langsung oleh camat untuk menggali informasi di lapangan dengan objek yang digali dibagi tiga kalisifikasi; pembangunan, pemerintahan dan sosial budaya.
Sekerataris Camat Banyuresmi, Abdul Fatah, tidak ketinggalan menjadi peserta kegiatan. Ia memandang kegiatan ini baru pertama kali diadakan.

“Tidak baisanya peserta antusias hingga sore, padahal biasanya kalau adal kegiatan semacam sosialisasi mereka tidak sampai tuntas,” kata Abdul fatah saat diminta tanggapannya. Rencananya, seperti diutarakan Kepala Bidang PKP, akan terus dilakukan agar aparatur memiliki kompetensi tinggi dalam meningkakan kinerjanya, terutama dalam pengelolaan informasi. (Igie/Yans)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY