Pamsimas Sulap Kawasan Kumuh di Cisurupan Garut Jadi Lebih Tertata

0
253

HARIANGARUT-NEWS.COM – Lagi-lagi Kabupaten Garut menorehkan keberhasilan program Pamsimas (Pengadaan Sarana Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat). Program yang digalakan pemerintah pusat ini adalah program kebutuhan dasar masyarakat dalam hal air bersih dan sanitasi yang sampai sekarang masih terus berkelanjutan.

Seperti halnya di Desa Cidatar, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, BPSPAMS (Badan Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi) Suka Senang Tahun program 2017, yang beroperasi baru lima bulan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Program Pamsimas sulap daerah kumuh di Kecamatan Cisurupan menjadi lebih baik dengan memiliki jamban di rumah masing-masing.

Distric Consultant Kabupaten Garut, Lia Heryani saat dikonfirmasi, Senin (21/05), menyampaikan, Desa ini adalah sasaran program Pamsimas tahun 2017, tadinya merupakan daerah yang kumuh buang air besar sembarangan setelah ada air Pamsimas masing-masing rumah membangun jamban dengan Cubluk.

“Saya sangat bangga dan apresiasi karena masyarakat telah berubah perilaku atas kesadaran sendiri dan ikut berpartisipasi aktif dalam pengelolaan sarana dengan cara membayar iuran,” ungkap Lia.

Lia juga menambahkan, Sesuai laporan dari pengelola BPSPAMS sampai sekarang jumlah Sambungan Rumah mencapai 260 sambungan dan keuangan yang tercatat Saldo Rp 13.4 juta, adapun perhitungan Harga air Rp1.300/m3.

“Semoga ini bisa menjadi contoh bagi Desa lainnya yang menjadi peserta Desa Pamsimas, mengenai Desa Pamsimas yang sekarang SK Satker sudah turun, tinggal menunggu DIPA Anggaran saja,” pungkas Lia. (NDY)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY