Meme “Kamu Orang Garut?” Milik KPUD, Dikritisi Ketua Komite Pasti

0
528
Meme Ketua KPUD Kabupaten Garut yang menjadi perbincangan publik.

HARIANGARUT-NEWS.COM – Dadan Malik Ibrahim, Ketua Komite Pasti menyesalkan dengan adanya “meme” yang dirilis melalui Akun Resmi Facebook Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Garut pada tanggal 16 April 2018, pukul 20.14 WIB yang memuat teks “Kamu Orang Garut?”.

Dadan menuturkan, hal ini memperlihatkan KPUD Kabupaten Garut tidak memahami dan teliti mengenai pengertian kata tersebut. “Kamu Orang Garut”, pengertiannya lebih pada azas kelahiran, padahal dalam pemilihan hak pilih ditentukan oleh asas domisili, bukan asas kelahiran.

“Pernyataan ini, dapat menimbulkan kontroversi, dan oleh sebab itu berpotensi pelanggaran oleh KPUD. Kami berharap, Panwaslu segera bersikap dan meminta KPUD menarik kembali “meme” tersebut, karena berpotensi SARA,” tegas Dadan kepada hariangarut-news.com, Selasa (17/04).

Dadan menambahkan, tidak setiap orang Garut dapat memilih, karena hak pilih ditentukan asas domisili yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk atau KTP. Ini sepertinya disengaja oleh KPUD, imbuh Dadan, karena mustahil anggota KPUD tidak paham soal asas kelahiran dan asas domisili, pungkas Dadan.

Saat dihubungi hariangarut-news.com untuk konfirmasi terkait pernyataan Ketua Komite Pasti tersebut, pihak kesekretarian KPUD Kabupaten Garut belum memberikan tanggapan. (Igie/DB)

Hosting Unlimited Indonesia ad

LEAVE A REPLY