Longsor Terjang Cihurip Garut, Batu Raksasa Putuskan Akses Jalan Kampung

0
710

HARIANGARUT-NEWS.COM – Rumah milik Musa (42) di Kampung Suta, Desa Cihurip, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, nyaris hancur dihantam batu besar akibat bencana longsor. Beruntung, belahan batu besar berdiameter 8 meter yang menggelinding tidak sampai mengenai rumah Musa. Sedangkan pecahan batu lainnya menutup satu-satunya akses jalan masuk yang menghubungkan kedua kampung tersebut terputus.

Batu raksasa akibat longsor yang terjadi di Kecamatan Cihurip, putus akses jalan dua kampung.

Menurut informasi dari tokoh masyarakat, Atis Sutisna warga Kampung Pasir Kondang RT03/02, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip, yang turun ke lokasi kejadian menyampaikan, longsor terjadi pada Selasa (27/03) sekitar pukul 18.00 WIB. Pasca kejadian, warga yang dekat tanah longsor di evakuasi untuk mengosongkan rumah karena khawatir terjadi longsoran susulan.

“Akibat longsor juga, empat tiang listrik ambruk dan dua batu berukuran raksasa ikut terbawa dan akhirnya jatuh di tengah jalan yang merupakan akses satu-satunya warga desa. Akibatnya, satu kampung terisolasi karena batu menutup seluruh badan jalan” ungkap Atis kepada hariangarut-news.com, Rabu (28/03).

Warga berusaha membersihkan material longsor di Kampung Suta, Desa Cihurip, Kecamatan Cihurip.

Atis menambahkan, longsor terjadi akibat hujan deras yang terus mengguyur daerah tersebut. Sejak tahu ada batu besar warga gotong royong menghancurkan batu, sambil membereskan bekas longsoran. Bantuan dari desa dan kecamatan juga sudah datang, pungkas Atis.

Sementara, saat dikonfirmasi melalui seluler kepada Kepala Seksi Kedaruratan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Erwin Gunadi S Sos, belum memberikan tanggapan atas musibah yang terjadi di wilayah Garut selatan tersebut. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY