Longsor Kembali Terjang Garut, Satu Rumah Warga Jebol dan Akses Jalan 5 Desa Tertutup

0
922

HARIANGARUT-NEWS.COM -Sebuah rumah warga di Kampung Cihanjuang RT02/01 Desa Mekarwangi, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, diterjang tanah longsor. Akibatnya tembok rumah jebol. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun penghuni rumah diungsikan sementara demi keamanan.

Salah satu pemicu longsor tersebut adalah hujan deras yang mengguyur wilayah Talegong sejak Selasa (20/02) siang hingga malam hari. Satu rumah milik Asep dan Novi mengalami kerusakan parah karena tertimpa longsoran pada Rabu (22/02) siang saat hujan deras.

Akibat hujan yang terus mengguyur, longsor menjebol dinding Rumah Asep, Rabu (21/02).

Kepala Seksi Kedaruratan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Erwin Gunadi S Sos menuturkan, longsor tersebut mengakibatkan tembok rumah milik Asep ambrol. Pemilik rumah dan anggota keluarga yang lain diungsikan sementara ke tempat yang lebih aman.

“Longsornya tadi siang dan mengenai rumah milik pak Asep sehingga temboknya jebol. Kemudian pemilik rumah, istri dan anaknya diungsikan sementara di tempat tetangga demi keamanan,” tutur Erwin ketika dihubungi hariangarut-news.com, Rabu (22/02).

Warga pun diimbau untuk tetap hati-hati dan waspada terutama di daerah yang rawan bencana. Hingga kini petugas bersama warga masih membersihkan puing-puing rumah dan material longsor di lokasi kejadian. Forkopim Kecamatan Talegong terus melakukan pemantauan di beberapa wilayah di Talegong yang berpotensi longsor di musim hujan saat ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun hariangarut-news.com, akibat hujan deras dari pukul 12.00-15.00 WIB pada Rabu 22/02), longsor yang terjadi Kampung Ciwaru RT05/01 Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong, mengakibatkan tertutupnya akses jalan ke 5 desa yakni desa Sukamulya, Mekarmulya, Mekarwangi, Selaawi dan Mekarmukti. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY