Lari Pagi di Sawah Lega, Pabrik Terasi dan Gunung Piramida Garut yang Terlupakan

0
1122

HARIANGARUT-NEWS.COM – Anda ingin memiliki tubuh sehat? Salah satunya datanglah ke Sawah Lega antara pukul 06.00-09.00 WIB di pagi hari. Kawasan di jalan yang menghubungkan Kecamatan Pangatikan dan Sukawening, Kabupaten Garut ini setiap Minggu pagi terlihat oleh warga yang sengaja datang dari berbagai penjuru pelosok tumplek di Sawah Lega untuk berolahraga.

Meskipun disana berdiri pabrik terasi yang selalu menebar aroma tak sedap, pilihan menjadikan Sawah Lega untuk dijadikan lokasi berolahraga di pagi hari memang pas. Disepanjang jalan yang diapit oleh hamparan sawah luas, warga yang beraktivitas bisa menikmati langsung pemandangan gunung Sadahurip yang beberapa waktu lalu sempat menggegerkan warga sekitar, bahkan sempat menjadi isu nasional karena disebut-sebut dulunya merupakan Piramida pertama sebelum Mesir.

Eddi Muhammad (47) salah seorang warga Cibatu misalnya, mengaku sangat menikmati suasana di Sawah Lega. Bagi pria yang bekerja sebagai PNS di instansi pemerintahan itu mengatakan, berolahraga di Sawah Lega terasa berbeda.

“Entah karena disejukan oleh pemandangan disekitar atau apa, sudah sejak dari dulu kawasan Sawah Lega dijadikan tempat untuk berolahraga lari pagi maupun sore hari. Disamping itu hampir semua gunung yang ada di Garut tampak terlihat jelas dari sini. Mulai gunung Cikuray, gunung Haruman, gunung Guntur, dan Sadahurip,” terang Eddi yang mengaku sudah berolahraga di kawasan tersebut sejak ia masih duduk di bangku SD, Minggu (06/05).

Eddi menambahkan, biasanya ia berada di Sawah Lega mulai pukul 06.00 WIB hingga 07.40. Aktivitas yang dia lakukan bersama warga lainnya selama dua jam yaitu berlari-lari kecil di sepanjang jalan lurus yang berjarak 4 kilometer dari Jembatan Dua sampai pertigaan Cihuni Kecamatan Pangatikan itu.

Tak hanya itu, disela-sela berolahraga, dia menyempatkan waktu untuk mengobrol dan bercengkrama dengan sesama pengunjung lari lainnya. Anehnya, kali ini tak seorangpun ada pengunjung yang memperbincangkan keadaan gunung Sadahurip yang tampak jelas sekali bila dilihat dari lokasi Sawah Lega tersebut. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY