Kisruh Pengangkatan Plt Direktur PDAM, Ketua DPRD Garut Layangkan Nota Pimpinan Pada Pjs Bupati Garut

0
539

HARIANGARUT-NEWS.COM -Ketua DPRD Kabupaten Garut, Ade Ginanjar mengaku, sudah mengeluarkan nota pimpinan terhadap Pjs Bupati Garut, terkait kisruhnya pengangkatan Plt tiga direktur PDAM Tirta Intan Garut, yang diduga dalam pengangkatannya melanggar Peraturan Daerah (Perda) No 6 Tahun 2010 serta Peraturan Menteri (Permen).

Menurutnya, DPRD Garut sudah melayangkan surat nota pimpinan pada Pjs Bupati Garut, terkait kisruhnya pengangkatan tiga Plt direktur PDAM Tirta Intan. “DPRD Garut sudah melayangkan nota pimpinan pada Pjs Bupati Garut. Yang mana salah satu isinya Pjs Bupati untuk segera mencabut kembali Surat Perintah (SP) pengangkatan Plt tiga direktur PDAM Tirta Intan Garut,” ujarnya, Jum’at (02/06).

Dikatakannya, DPRD Garut pada tahun 2016 sudah membuat catatan strategis. Yang mana salah satunya Pemkab Garut, harus segera merubah status tipe PDAM Tirta Intan Garut, yakni dari tipe D menjadi Tipe C. Namun, dalam prosesnya Pemkab Garut terlebih dahulu harus mengajukan pada DRPD Garut untuk merivisi Perda No 6 Tahun 2010 tentang strukturak PDAM disesuaikan dengan PP 54 Tahun 2017.

“Dalam nota pimpinan yang dilayangkan pada Pjs Bupati Garut, point untuk mengajukan revisi Perda sudah dituangkan. Hanya saja, apakah ada kemauan dari pihak Pemkab untuk mengusulkan Perda tersebut untuk direvisi,” ucapnya.

Ade menambahkan, dalam proses perubahan tipe dari D ke C, harus disesuaikan dengan regulasi yang ada. Yang mana pada awalnya PDAM Tirta Intan Garut, di pimpin oleh satu orang direktur, maka jika berubah tipe PDAM Tirta Intan harus dipimpin oleh tiga direktur.

“Bupati Garut, Rudy Gunawan, dalam pengangkatan Pjs tiga Direktur dilakukan dengan mengeluarkan Perbup. Padahal, hal tersebut mesti disesuaikan dengan Perda yang ada. Maka, kami DPRD Garut dengan tegas dan menyarankan pada Pjs Bupati untuk segera mencabut SP ketiga direktur tersebut dan dikembalikan ke semula,” tegas Ade.

Diakui Ade, dalam catatan strategis DPRD Garut tahun 2016, dalam perubahan tipe PDAM Tirta Intan Garut, Pemkab Garut harus segera melakukan sleksi untuk mencari tiga direktur defenitf. Namun, kenapa pada saat menjelang cuti Pilkada Bupati Garut, Rudy Gunawan, langsung mengeluarkan Perbup dan mengangkat tiga Plt Direktur di PDAM Tirta Intan Garut.

“Kalau mau melakukan perubahan struktural, harus dilakukan perubahan Perda dahulu, jangan sampai regulasi yang ada di labrak,” pungkasnya. (Igie/Daus)

Hosting Unlimited Indonesia ad

LEAVE A REPLY