Ketua PPDI Garut : Perangkat Desa Jangan Berpangku Tangan kepada Pemerintah

0
480

HARIANGARUT-NEWS.COM – Dalam rangka peningkatan kinerja Aparatur Pemerintah Desa, perlu ditunjang juga kesejahteraan yang cukup agar roda pemerintahan desa berjalan sebagaimana mestinya.

Para Perangkat Desa di Kabupaten Garut yang tergabung dalam wadah Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) menggelar forum diskusi pembahasan bagaimana perangkat desa bisa maju dan sejahtera. Acara digelar di Desa Sukarame, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Sabtu (12/5), yang dihadiri Ketua I Forum BUMDES Jawa Barat, Ketua DPD PPDI Kabupaten Garut, Apdesi Kabupaten Garut, Dewan Pembina PPDI dan 84 perwakilan Perangkat Desa Se-Kabupaten Garut.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Perangkat Desa Indonesia (DPD PPDI) Kabupaten Garut, Dudung Nurodin, mengatakan, acara ini digelar dalam rangka meningkatkan silaturahmi sesama perangkat desa, juga pembahasan tentang usulan status kesejahteraan mengenai penghasilan tetap yang sedang di godog di Pemerintah Pusat. Hal lain adalah mengenai jaminan kesehatan perangkat desa/kepesertaan BPJS bagi perangkat desa.

“Sudah saatnya kita satu persepsi berfikir jauh ke depan tentang kesejahteraan kita, baik kesejahteraan ekonomi maupun tunjangan kesehatan,” ujar Dudung.

Dudung juga menambahkan masalah kesejahteraan juga PPDI jangan berpangku tangan atau hanya mengandalkan dari pemerintah, ada hal yang bisa kembangkan berkaitan dengan pendapatan, contohnya pengembangan usaha PPDI Bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) di masing masing desanya.

“Banyak peluang usaha di Desa yang bisa dikerjasamakan dengan BUMDES, baik pengadaan barang dan jasa maupun kebutuhan masyarakat desa seperti sembako dan lainnya,” kata Dudung.

Ketua I Forum BUMDES Jawa Barat yang juga menjabat Ketua BUMDES bersama Kecamatan Leles Haris Barja Hadiman, S Hum, yang turut hadir dalam acara mengatakan, sangat merespon kegiatan silaturahmi ini, dan berharap hadirnya usaha kerjasama PPDI bisa mendorong kemajuan BUMDES masing masing Desa, sejalan dengan tujuan pemerintah pusat memajukan ekonomi masyarakat desa.

“Kami siap mendorong usaha kerjasama BUMDES dengan PPDI, kita jangan hanya mencari profit saja tapi juga Benefit, ada sinergisitas antara PPDI dan BUMDES,” pungkas Haris. (Ndy)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY