Ketua Komisi A DPRD Garut : Luka Sejarah Demokrasi Politik di Garut oleh Penyelenggara Pilkada

0
423

HARIANGARUT-NEWS.COM -Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Garut harus segera di evaluasi. Pasca ditahannya Ketua Panwaslu, Heri Hasan Basri dan Komisioner KPUD Garut, Ade Sudrajat oleh petugas dari Tim Satgas Anti Money Politic Bareskrim Mabes Polri dan Satgas Polda Jawa Barat pada Sabtu (24/02), karena diduga telah menerima suap dari tim pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Garut. Demikian dikatakan Ketua Komisi A DPRD Garut, Alit Suherman di ruang kerjanya, Senin (26/02).

“Terus terang saja kejadian itu membuat Garut berduka cita, dan saya pun sangat prihatin dengan kejadian tersebut. Kasus itu sangat memalukan dan mencoreng jalannya Pilkada Garut. Saya malu sebagai warga Garut dengan terjadinya kasus tersebut,” ujarnya.

Oleh karena itu, Alit meminta kejadian tersebut harus dijadikan sebagai tolak ukur, agar di dua lembaga penyelenggara Pilkada itu segera di evaluasi, karena telah mencoreng jalannya Pilkada. Bahkan, dirinyapun dengan tegas meminta kepada KPUD dan Panwaslu Provinsi agar segera Panwaslu dan KPUD Garut dievaluasi oleh lembaga penyelengaraan Pilkada. Karena dengan adanya kejadian ini menjadikan citra yang kurang baik, dan jelas ini mencederai demokrasi politik, karena lembaga penyelenggaranya pun ikut bermain.

“Dengan adanya dugaan suap pada Ketua Panwaslu dan Komisioner KPU Garut merupakan bentuk cerminan bahwa Panwaslu dan KPU di Garut sudah tidak bersih dan tidak amanah. Dan kami pun dari Komisi A DPRD Garut meminta agar kedua lembaga itu (KPU dan Panwaslu) segera di evaluasi. Makanya saya mengucapkan turut berduka cita,” katanya.

Alit mengaku, tidak menyangka kasus ini bisa terjadi di Garut, karena lembaga penyelenggara Pilkada harus netral. Pihaknya merasa prihatin dengan kejadian tersebut, dan tentunya menjadi citra yang kurang baik bagi Panwaslu dan KPU Garut sebagai penyelenggara Pilkada dengan adanya kasus suap ini. Bahkan, Alit pun mengucapkan turut berduka cita atas peristiwa tersebut, pungkasnya. (Igie/Pp)**

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY