Kapolres, Forkopimda dan Masyarakat Garut Deklarasi Perangi Berita Hoax dan Ujaran Kebencian

0
229

HARIANGARUT-NEWS.COM – Deklarasi anti hoax dan ujaran kebencian dilaksanakan jajaran Polres Garut, Kodim 0611 Garut dan Pemkab Garut, Jumat (16/03). Kapolres AKBP Budi Satria Wiguna SIK dan Dandim 0611 Garut Letkol Aziz Asyraf S Sos langsung memimpin deklarasi yang berlangsung di GOR Ciateul, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jumat (15/03).

Menurut Kapolres, deklarasi ini sebagai bukti bila Polres, Kodim dan Pemkab Garut benar-benar berkomitmen memerangi hoax. Selain itu, menurutnya hal ini merupakan aksi nyata kepedulian masyarakat atas banyaknya berita hoax yang belakangan dinilai meresahkan banyak pihak.

“Berita hoax, ujaran kebencian adalah musuh kita semua. TNI dan Polri dibantu Pemkab menjadi garda terdepan untuk mencegah, menanggulangi dan memberantasnya. Kami harap masyarakat di Garut bisa bersatu padu dalam melawan segala bentuk provokasi isu SARA dan hatespeech atau ujaran kebencian,” harap Kapolres Garut.

AKBP Budi Satria Wiguna juga berharap dengan adanya deklarasi ini mempu memberikan edukasi dan menggerakkan masyarakat untuk waspada terhadap info atau berita hoax. Jadi lewat deklarasi ini, imbuh Kapolres, pihaknya mengajak masyarakat di Garut untuk melawan berita hoax dan isu sara secara cerdas dalam bermedia sosial. Apabila hal ini bisa diterapkan maka akan tercipta suasana yang aman dan tidak akan menimbulkan keresahan, cetusnya.

Serupa dengan yang disampaikan Kapolres Garut. Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Uu Saepudin, acara yang digelar untuk menciptakan situasi kondusif pada pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018 di Kabupaten Garut. Artinya, kata Uu, berita hoax memang harus diperangi agar situasi bisa terus kondusif.

“Kepada masyarakat kita berikan penyadaran apabila ada isu di masyarakat harus dicek kebenarannya, bisa ke Polisi maupun ke TNI. Tujuan dan harapan masyarakat paham dan mengerti serta tidak menjadi korban hoax dan pelaku penyebar hoax. Deklarasi ini telah dibacakan berbagai elemen masyarakat Garut,” pungkas Uu.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Garut beserta PJU Polres Garut, Pjs Sekretaris Daerah Kabupaten Garut, Dandim 0611 Garut, Kepala Kesbangpol Kabupaten Garut, Ketua MUI, Instansi Vertikal, Tokoh Ulama,Tokoh Masyarakat, sejumlah Wartawan dan LSM juga elemen masyarakat lainnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY