Kapolda Jabar Pimpin Apel Gelar Ops Mantap Praja 2018 di Ciateul Garut

0
552

HARIANGARUT-NEWS.COM – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Jawa Barat, Polda Jabar menggelar Apel Kesiapan Pengamanan dalam rangka Operasi Mantap Praja Lodaya 2018 Se-Wilayah Priangan yang dipimpin langsung sebagai Irup oleh Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat (Kapolda Jabar) Irjen Pol Agung Budi Maryoto, sementara bertindak sebagai Komandan Upacara yakni Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna SIK, di Lapangan Ciateul, Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu (27/01).

Menengok ke atas langit, bertindak sebagai Komandan Upacara Kapolres Garut melakukan aksi para motor sambil membawa spanduk sebagai pesan bahwa TNI/Polri Akan Bersikap Netral saat Pilkada nanti. Angin kencang tak menghentikannya memasuki lapangan upacara dengan aksinya.

Dalam Gelar Apel Kesiapan Pengamanan tersebut, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto yang didampingi Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI Joshua Pandit Sembiring menyampaikan, telah menyiapkan 25 ribu personel gabungan yang terdiri dari 23 ribu personel Polri, 27 SSK atau 2700 personel TNI yang akan dikerahkan dalam pengamanan Pilkada serentak di Jawa Barat Tahun 2018.

“Dari Kodam itu belum termasuk non call kalau terjadi apa-apa mereka siap, di satuan-satuan batalyonnya itu ada semuanya,” Jelas Kapolda.

Selain menyiapkan ribuan personel gabungan, Kapolda juga menyiapkan Subdit Cyber Crime guna mengantisipasi berupa informasi miring (Hoax) di media sosial serta tim khusus guna antisisipasi konflik pada masa kampanye, konflik kewilayahan serta money politic.

“Itu semua harus kita antisipasi dan yang paling penting kita juga membangun komunikasi untuk menjaga keamanan Jawa Barat dari informasi-informasi hoax dengan membentuk Satgas Nusantara bersama tokoh-tokoh masyarakat,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasdam III Siliwangi juga menyampaikan dukungannya terhadap kepolisian serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam pengamanan setiap proses Pilkada yang ada di Jawa Barat.

“Intinya dari TNI memback up sepenuhnya pengamanan ini sesuai dengan permintaan dari Kapolda, dan TNI kita yakinkan netral,” kata Joshua.

Hadir dalam upacara Kesiapan Pengamanan Operasi Mantap Praja Lodaya 2018 Se-Wilayah Priangan diantaranya Kapolda Jabar, PJU Polda Jabar, Kasdam III Siliwangi, Danrem 062 Tarumanegara, Wakil Bupati Garut, Dandim 1106 Garut, PJU Polres Garut, Personel TNI/Polri Se-Priangan, unsur Forkopimda Kabupaten Garut, Ketua KPU dan Panwaskab Garut, Pengurus Parpol, Mitra Polri, Tokoh Ulama, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Ormas, beserta undangan lainnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY