Kampanye Memikat, Pesona Helmi di Mata Pelaku Usaha Olahan Singkong Garut

0
264

HARIANGARUT-NEWS.COM – Pemerintah berkewajiban untuk mendorong penguatan daya saing Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP), meningkatkan produk yang dihasilkan, serta menumbuhkan kesadaran dan motivasi masyarakat maupun pelaku usaha akan pentingnya pengolahan pangan yang baik.

Rabu (16/03) bertempat di GOR Futsal Desa Cibunar, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Calon Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, bekerja sama dengan pelaku industri kecil Se-Kecamatan Cibatu, demi mewujudkan peningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat menggelar perlombaan mengolah makanan sederhana berbahan baku singkong.

Dalam kampanyenya di zona 4, Wakil Bupati Garut Nomor Urut 1 ini mengatakan, masyarakat terus berinovasi dan mengembangkan makanan olahan berbahan baku singkong. Terbukti peserta banyak menyuguhkan varian diantaranya kue pare, combro, samosa, putri ayu, pisang gulung singkong, nasi tiwul, bahkan empek-empek juga dari singkong.

Calon Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, didampingi Mantan Ketua DPC Gerindra Kabupaten Garut, Hilman Yudistira, berkampanye di Kecamatan Cibatu Zona 4, Jumat (16/03).

“Di samping memberikan motivasi lewat lomba, kegiatan ini juga membahas permasalahan-permasalahan yang dihadapi para pelaku Industri rumah tangga lewat TP PKK tingkat kecamatan. Pembinaan bertujuan meningkatkan pendapatan atau penghasilan para pelaku industri rumah tangga, industri kecil, dan menengah agar terus berkembang,” ungkap Helmi.

Lomba, lanjut Helmi, dimaksud melibatkan pelaku industri rumahan yang ada di desa-desa. Peserta dinilai sangat luar biasa karena dapat mengolah berbagai jenis olahan makanan, hanya dengan bahan baku singkong. Terlebih singkong sangat baik karena banyak mengandung kabohidrat. Diharapkan inovasi masyarakat melalui makanan olahan singkong dapat meningkatkan imej singkong dari makanan kampung menjadi bahan pangan alternatif, ucapnya.

Lomba dimenangkan oleh Desa Girimukti, disusul Desa Cibatu serta Desa Wanakerta. Hadiah berupa trofi dan uang pembinaan diserahkan langsung pada saat itu juga. Cucum (43) salah seorang pelaku usaha dari Kampung Cilimushideung Desa Cibunar mengungkapkan, dengan suasana yang penuh keakraban dan kehangatan, terkesan dr Helmi Budiman tidak nampak seperti berkampanye dan tidak membosankan.

“Beliau orangnya baik dan tutur katanya sangat lembut. Bukan saja mampu menarik massa dengan kegiatan yang edukatif, tapi pak Wabup yang satu ini bisa memikat siapa pun yang melihatnya,” ujar Cucum sambil tertawa. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY