Kampanye di Banjariwangi, Cawabup Garut Maknai Kegiatan Gotong Royong

0
125

HARIANGARUT-NEWS.COM – Calon Wakil Bupati Garut dari Paslon Nomor Urut 1, dr Helmi Budiman, menyambangi segenap komponen masyarakat yang hendak melangsungkan kegiatan gotong-royong pembersihan saluran irigasi di Desa Bojong Kampung Bantar Peundeuy Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut. Dalam kesempatan itu, Helmi juga mengajak kembali membudayakan gotong royong di lingkungan masing-masing, termasuk dalam hal menjaga kebersihan.

“Mari kita budayakan kembali gotong royong, karena budaya tersebut menyimpan makna dalam kehidupan bermasyarakat. Gotong-royong merupakan sesuatu yang dapat membuat semua menjadi lebih besar dan bermakna. Budaya gotong royong ini perlu diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungan kita masing-masing,” kata Wakil Bupati Garut yang sedang cuti ini.

Dihadapan masyarakay Banjarwangi, Calon Wakil Bupati Pilkada 2018 itu mengatakan bahwa semangat gotong-royong hampir terlupakan disebabkan dewasa ini banyak orang lebih mengedepankan sifat induvidualistis.
Padahal gotong-royong merupakan cara efektif dan efisien dalam menuntaskan beragam masalah

Ia menambahkan, dengan bergotong-royong membersihkan lingkungan masing-masing, misalnya, justru akan menjadi lebih baik hasilnya dibandingkan jika menyerahkan kepada kepala lingkungan, kepada kepala desa maupun camat. Helmi juga mengakui, masyarakat Banjarwangi selama ini banyak berkontribusi dalam hal mendukung program pembangunan yang diemban pemerintah.

“Tidak mungkin bupati, camat, maupun kepala desa bisa melaksanakan pembangunan secara cepat dan maksimal jika tidak dibarengi dengan budaya gotong-royong oleh masyarakat. Hari ini banyak yang diberikan kepada kepala desa bantuan untuk berpartisipasi menggerakkan masyarakat bergotong-royong, kalau itu kita himpun, saya yakin semua menjadi lebih baik dan lebih mudah,” pungkasnya. (RENs)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY