Kades Rina Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Warga Desa Pakenjeng Garut

0
304

HARIANGARUT-NEWS.COM – Kepala Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Rina Achlan, merupakan seorang Kepala Desa yang berhasil dalam pembangunan infrastruktur. Dia berhasil merealisasikan dana desa dengan baik untuk pembangunan. Namun Rina juga sangat perhatian terhadap pembangunan ekonomi masyarakat. Saat ini Rina ingin membangun ekonomi desa melalui BUMDes (Badan Usaha Milik Desa).

“BUMDes akan dijadikan motor penggerak perekonomian masyarakat. Diantaranya adalah menaungi home industry yang banyak terdapat di Desa Pakenjeng. Semua akan dikelola dan dibina melalui BUMDes, terutama dalam hal pemasaran produknya,” ungkap Rina.

Dia melanjutkan, selama ini di Desa Pakenjeng terdapat banyak home industry yang sudah berjalan secara rumahan. Ke depan dia menginginkan BUMDes yang menjadi pengelola home industri tersebut terlibat langsung di pemasaran produk.

“Home industri di sini banyak misalnya pengelola gula, keripik, dan segala macam. Tapi kita ingin ke depan agar semua itu dikelola oleh BUMDes dan  dipasarkan oleh BUMDes. Selain home indsutry, kami juga akan membuka usaha pengelolaan limbah Galena. Limbah Galena ini merupakan limbah dari tambang batu di luar Desa Pakenjeng, namun pengelolaan produknya ada di Desa Pakenjeng,” katanya saat ditemui di desanya, Kamis (28/03).

Rina menjelaskan, dari pengelolaan limbah Galena tersebut akan menghasilkan produk turunan timah hitam dan juga bata ringan. Dua produk ini memiliki nilai eknomis yang bagus dan pasarnya juga sudah jelas. Rencananya, pengelolaan limbah Galena ini juga akan digarap oleh BUMDes yang nantinya akan bekerja sama dengan masyarakat setempat sebagai pelaku usahanya, terang Rina.

“BUMDes bekerja sama dengan pihak ketiga akan membersihkan limbah tersebut nanti diolah akan keluar timah hitam. Timah hitam ini bisa dijual, dikomersilkan kemudian dari sisa logam tersebut ada dedak dijadikan bata ringan,” katanya.

Produksi secara masal, lanjut Rina, memang belum berjalan, tapi sampel dari produk sudah berhasil dibuat dan hasilnya pun sangat memuaskan. Sebelum produksi berjalan pihaknya akan menempuh terlebih dahulu perizinan kepada Dinas terkait.

“Kita pasti mendorong legalitas perizinan nya sama BUMDes. Supaya pengolahan limbah ini menjadi ramah lingkungan. Perizinan itu sedang kita persiapkan,” kata Kades yang sudah menjabat dua periode itu.

Disinggung soal lomba desa, Rina mengatakan bahwa desanya sudah dua kali mewakili lomba desa untuk Kecamatan Pamulihan di tingkat Kabupaten. Rina berharap dalam lomba desa kali ini desanya bisa masuk sepuluh besar.

Masyarakat setempat sangat mengapresiasi kepemimpinan Rina Achlan selama dua periode. Mereka menilai, sosok Rina merupakan Kepala Desa yang sangat perhatian terhadap masyarakat. Walaupun letak geografis desa yang terbilang jauh dari perkotaan, namun masyarakat berani untuk adu kualitas dengan desa-desa lain yang letaknya di daerah kota.

Karena itu pulalah Rina selama ini berhasil terpilih selama dua periode menjadi Kepala Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan. Dia mampu mengalahkan calon kades dari pria karena telah terbukti unggul dalam pembangunan. (Igie/Us)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY