Dinas Damkar Garut Kembali Lakukan OTT di Rumah Warga Perum Citra Jaya Sentosa

0
363

HARIANGARUT-NEWS.COM – Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut kembali dimintai warga untuk mengevakuasi sarang tawon. Sepanjang 2018 hampir ada 10 permintaan untuk menangani hal tersebut.

“Hingga akhir April ini kasus yang menonjol selain kebakaran rumah justru permintaan warga untuk mengevakuasi atau menangani sarang tawon. Sarang kadang ada di plafon rumah atau di pohon,” kata Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut, Satria Budi, Selasa (24/04).

Menurut dia, permohonan tidak hanya berasal dari warga yang ada di wilayah Kota saja, tetapi petugas rescue Dinas Kebakaran Kabupaten Garut juga ikut membantu mengevakuasi sarang tawon yang ada di Kecamatan-Kecamatan lain.

Satria mengatakan, penanganan atau evakuasi sarang tawon dilakukan menggunakan peralatan seadanya. Penyebabnya, karena Dinas Kebakaran tidak memiliki peralatan khusus untuk mengevakuasi sarang tawon yang kerap disebut sebagai “Nyiruan” oleh warga.

Petugas mengenakan pakaian yang biasa digunakan saat memadamkan api. Namun dengan sedikit modifikasi, yaitu merekatkan ujung lengan baju dan celana menggunakan selotip agar tawon tidak masuk ke baju. “Untuk melindungi wajah, petugas memakai kain yang berjaring-jaring,” katanya.

Petugas kemudian menyemprot sarang tawon tersebut menggunakan air untuk mengusir tawon kemudian melakukan pembersihan sarang. “Kadang, kami juga menggunakan kain yang sudah dibasahi bensin untuk mengusir tawon,” katanya.

Meskipun demikian, lanjut dia, petugas masih kerap disengat tawon. Namun tugas harus tetap diselesaikan agar warga tidak lagi khawatir dengan keselamatan mereka.

“Seperti pada Senin (23/04) malam tadi, kami melakukan evakuasi sarang tawon yang ada di plafon rumah milik Arif Bastaman (57) warga Perum Citrajaya Sentosa 2 RT01/14 Kelurahan Jayawaras
Kec Tarogong Kidul, Kabupaten Garut. Dengan menggunakan 1 unit mobil resque, lima personel dikerahkan dalam Operasi Tangkap Tawon (OTT) tersebut,” pungkas Sekdis Damkar kepada hariangarut-news.com. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY