Di Gergaji Mesin Lidah Tak Terluka, Pentas Garut Art Attack di Situ Bagendit Memukau

0
986

HARIANGARUT-NEWS.COM – Sebagian besar masyarakat tanah air sangat mengenal atraksi pertunjukan kesenian tradiaional debus. Kesenian ini memang sangat mengerikan juga mengagumkan bagi penikmatnya. Pasalnya, di setiap atraksi debus, para pemainnya menampilkan sesuatu yang tak terjangkau logika manusia. Bahkan, sebagian orang indonesia masih menilai debus sebagai ilmu yang dipraktekkan dengan menggugunakan perantara makhluk gaib.

Dalam acara Festival Budaya Garut Art Attack yang digelar di Kawasan Obyek Wisata Situ Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, salah seorang peserta pentas seni, Kang Ja (45) warga Kecamatan Samarang, pemain debus yang merupakan manusia biasa namun mampu menebas leher, menyayat tangan dan perut dengan pedang gergaji mesin tanpa terluka sedikitpun. Sesekali ia menguliti kulit kelapa yang keras hanya dengan menggunakan gigi. Aneh, Kang Ja yang memiliki nama lengkap Jayadi tak kelihatan berdarah, apalagi menjerit kesakitan.

“Melihatnya juga saya benar-benar ngilu sekaligus mengagumkan. Bangga rasanya masih ada warga Garut yang melestarikan nilai-nilai budaya Sunda yang semakin hari kian terkikis. Mudah-mudahan acara ini terus digelar agar masyarakat tahu bahwa budaya Sunda masih terjaga,” ujar Nita Haryati (40) warga Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, yang sengaja datang untuk menyaksikan kesenian yang digelar dari 26-29 April oleh Garut Art Attack tersebut. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY