Debat Paslon Pilkada Garut Jangan Hanya Sekedar Permainan Kata-Kata

0
275

Oleh : Hasanuddin

HARIANGARUT-NEWS.COM – Tema Debat Publik Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Garut dalam Pilkada Serentak 2018, Senin (07/05) esok hari, harus dibaca sebagai kritik atas pembangunan yang berjalan selama ini, yakni masalah deselerasi pembangunan. Rasio Kritisnya adalah untuk itu tema akselerasi percepatan diajukan. Mengapa semua iti berjalan lamban?

Sebab, pembangunan yang dimaksudkan selama ini lebih berorientasi pada kepentingan pemerintah daerah sebagai suatu institusi, daripada kepentingan masyarakat disisi lain. Secara metodologis tentu hal ini sesuatu konsekuensi dari pilihan kebijakan fiskal yang selama ini menjadi centrum, dengan mengabaikan kebijakan moneter. Dalam perspektif Kebijakan Fiskal ekstrim, yang dibicarakan sebatas pendapat daerah, dan melupakan pendapatan masyarakat.

Padahal pendapatan daerah bermula dari pendapatan masyarakat, namun pendapatan masyarakat jarang sekali disentuh. Debat Publik yang akan berlangsung apakah akan keluar dari deselerasi pembangunan, tergantung apakah Paslon mengajukan beberapa kata kunci, diantaranya pendapatan masyarakat, lapangan kerja, tabungan-perbankan, investasi dan lain sebagainya.

Jika tidak maka, debat publik hanya permainan kata-kata dari Paslon, retorika semata, tanpa jalan keluar bagi akselerasi pembangunan. Dan, atau sebatas bagian dari acara protokoler Pilkada, tanpa masuk ke substansi memilih kepala daerah dan pemerintahan untuk tujuan kesejahteraan masyarakat.

Akhir kata, sudah saatnya pemerintah daerah mendorong tingkat pendapatan masyarakat, mencari jalan keluar bagi pembukaan lapangan kerja dengan memaksimalkan peran perbankan, dan mengotimalkan sektor-sektor unggulan daerah dengan melibatkan investasi daerah, atau masyarakat setempat.

Penulis adalah Pemerhati Sosial Garut

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY