Dandim 0611 Garut : Program TMMD, Kita Buka Akses Jalan di Desa Pancasura

0
519

HARIANGARUT-NEWS.COM – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat.

Adapun tujuan dari TMMD adalah untuk meningkatkanĀ akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampakĀ akibat bencana.

Tahun 2018, Komando Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut akan melaksanakan program TMMD yang Ke-103 dan akan dilaksanakan di Desa Pancasura Kecamatan Singajaya.

Dandim 0611 Garut Letkol Inf Asyraf Azis S IP, melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim 0611 Garut, Kapten Inf Udin Saepudin menyampaikan, Desa Pancasura adalah salah satu desa yang terisolir jauh dari pusat Pemerintahan Kecamatan tidak mempunyai akses jalan langsung menuju Kantor Kecamatan.

“Masyarakat Desa Pancasura harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan melewati 4 Desa, dan harus mengeluarkan biaya yang lumayan besar hanya untuk membutuhkan pelayanan administrasi,” ungkap Udin.

Menimbang akan kondisi daerah tersebut, lanjut Udin, pihaknya telah melakukan survey langsung ke lokasi rencana pembangun akses jalan baru yang menghubungkan Desa Pancasura dengan kantor pemerintahan Kecamatan Singajaya.

“Dengan dibangunnya akses jalan ini diharapkan masyarakat Desa Pancasura bisa langsung menuju pusat pemerintahan tanpa harus memutar atau melewati desa lain. Adapun Pembangunan jalan tersebut akan dimulai pada bulan Oktober 2018 dengan jarak kurang lebih 3 Km, mulai dari Kampung Pamoyanan Desa Pancasura dan berakhir di Kampung Munjul Desa Cigintung dengan melewati pesawahan dan sungai,” pungkas Kapten Inf Udin Saepudin, Minggu (21/01).

Program TMMD yang membuka akses jalan desa Pancasura Kecamatan Singajaya akan melalui sawah dan sungai.

Sementara, Camat Singajaya, Herry Djunaeri, merasa bersyukur dengan adanya pelaksanaan program TMMD di wilayah Singajaya, sehingga akan membantu sekali masyarakat Singajaya, khusunya warga Desa Pancasura dalam berakses dan diharapkan akan meningkatkan roda perekonomian di wilayah Kecamatan Singajaya.

“Kami mewakili masyarakat Desa Pancasura sangat mengapresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Dandim beserta jajarannya yang akan membuat akses jalan bagi warga kami, ini nantinya akan berdampak pada peningkatan roda ekonomi masyarakat setempat. Semoga program TMMD ini bisa menjangkau desa lain yang ada di Kabupaten Garut, khususnya desa yang ada di wilayah Selatan Kabupaten Garut,” ujar Camat Singajaya yang diamini Kepala Desa Pancasura, Saefuloh Ridho.

Turut hadir dalam giat monitoring survey lokasi tersebut, unsur Forkopim Kecamatan Singajaya, Danramil 1117 Singajaya Kapten Inf H Sahroni, Kapolsek Singajaya, AKP H Dedi Rustandi, Para Kepala Desa, Tokoh masyarakat dan pemuda Se-Desa Pancasura. (Igie/DSF)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY