Dandim 0611 Garut Apresiasi Jajaran Koramil Sosialisasikan Program MOL

0
266

HARIANGARUT-NEWS.COM -Sebagai bentuk atensi program komando sekaligus memanfaatkan sampah-sampah yang ada di lingkungan Koramil 1105 Cibatu Kodim 0611 Garut, Danramil Cibatu, Camat Cibatu, para Kepala Desa beserta jajaran melaksanakan pembuatan pupuk organik, Kamis (01/02) di halaman Mako Ramil Cibatu, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut.

Danramil Cibatu sedang memperagakan cara pembuatan MOL.

Usai di sosialisasikan kepada seluruh anggota Koramil, Danramil 1105 Cibatu Kapten Inf Rahmat Puli juga mensosialisasikannya kepada para Kepala Desa dan warga masyarakat tentang cara pembuatan pupuk organik.

“Sama seperti penggunaan pupuk kompos, Mikro Organisma Lokal (MOL) juga memiliki fungsi sebagai penyubur tanah dan sumber nutrisi tambahan bagi tumbuhan. cara mengaplikasikannya pun cukup mudah. Kita hanya perlu menyiramkan cairan MOL ke dekat tanaman setiap satu sampai dua minggu sekali,” tandas Rahmat Puli.

Penggunaan MOL cair yang berlebihan, imbuh dia, dapat menyebabkan kondisi tanah menjadi asam. Perlu diingat, bahwa penggunaan MOL tidak boleh menyentuh batang dan daun serta tidak boleh terlalu sering karena akan menyebabkan tanah menjadi terlalu asam. Perbandingan penggunaan cairan MOL untuk satu liter cairan MOL di campur dengan dua puluh liter air, katanya.

Danramil Samarang memberikan penyuluhan MOL kepada pengurus Persit KCK Ranting 13 Samarang. 

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Koramil 1112 Samarang. Danramil Samarang Kapten Inf Dedi Saefuloh menyampaikan, pembuatan MOL bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada anggota Babinsa beserta Persit KCK Ranting 13 Samarang agar mengetahui cara pembuatan pupuk organik.

Pembuatan MOL, imbuh Dedi, sangat sederhana dan mudah dengan waktu yang relatif singkat. Biaya pembuatanpun murah karena menggunakan bahan-bahan yang kurang dimanfaatkan dan tersedia di sekitar.

“Pupuk organik yang dihasilkan mengandung unsur kompleks baik makro maupun mikro serta mengandung mikroba yang bermanfaat dan ramah lingkungan karena tidak meninggalkan residu. Biota tanah terlindungi sehingga dapat memperbaiki atau mempertahankan kualitas tanah dan meningkatkan kuantitas serta kualitas produk hasil tanaman,” jelas Danramil 1112 Samarang.

Terpisah, Dandim 0611 Garut,
Letkol Inf Asyraf Azis S IP, menyambut baik dalam pembuatan pupuk organik yang dilakukan jajarannya. Karena kata dia, pasti lebih efisien dan nihil dari pencemaran. Dandim mengatakan, dalam rangka menjaga ekosistem dan kebersihan lingkungan serta percepatan swasembada ketahanan pangan, pihaknya telah memerintahkan kepada seluruh jajaran di Kodim dan Koramil untuk mensosialisasikan cara pembuatan MOL.

“Saya pribadi mendukung program yang dilakukan jajaran Koramil 1105, Koramil 1112 dan Koramil lainnya. Karena ini merupakan komando tentang pembuatan pupuk organik ini, sehingga dapat mengurangi pencemaran lingkungan dan bagian dari upaya melestarikan alam dan memperkuat Ketahanan Nasional,” pungkasnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY