Cemilan “SAWARGI”, Dongkrak Pengangguran di Garut

0
309

HARIANGARUT-NEWS.COM -Upaya peningkatan pemberdayaan ekonomi masyarakat saat ini menjadi target Pemerintah Pusat sampai Daerah, terutama Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tentunya hal tersebut guna membuka lapangan kerja dalam rangka meningkatkan derajat ekonomi dan pengentasan kemiskinan di Indonesia.

Seperti yang dilakukan Asep Muslim warga Kampung Cikalong RT03/09 Desa Cibiuk Kaler, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut, yang merintis usaha bersama keluarganya walaupun berbekal peralatan seadanya dan modal minim, namun mampu memproduksi bahan mentah hasil bumi Singkong yang disulap jadi makanan cemilan berbagai jenis.

“Kami olah singkong tersebut menjadi keripik singkong, singkong gasrok, singkong asrah dan kerupuk singkong dengan memakai nama produk “SAWARGI”. Harganyapun terbilang ekonomis, hanya Rp5 ribu per pack. Alhamdulillah kami baru merintis usaha ini, harapan kami ada perhatian dari pemerintah untuk peningkatan permodalan dan peralatan kerja,” ujar Asep.

Kemasan olahan Singkong SAWARGI.

Asep mengatakan, usaha yang digelutinya sudah berjalan satu tahun. Sulitnya lapangan kerja bagi Asep, menjadi motivasi dan warga di pedesaan untuk mengembangkan usaha taninya, terutama palawija.

“Hasil bumi seperti singkong atau lainnya bisa menumbuhkan kembangkan ekonomi masyarakat. Sangat disayangkan banyak kebun kebun warga yang luas tapi kosong, mudah-mudahan dengan terobosan usaha yang kami lakukan bisa membantu pemerintah dalam persoalan pengangguran dan kemiskinan,” pungkas Asep.

Pantauan langsung hariangarut-news.com, Asep beserta sepuluh orang pekerjanya, sehari bisa mengolah tiga kuintal lebih perhari untuk diproduksi menjadi berbagai jenis makanan tersebut. (NDY)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY