Camat Malangbong Garut Beberkan Awal Kejadian Keracunan Massal

0
1027

HARIANGARUT-NEWS.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Garut akan menelusuri penyebab keracunan yang menimpa ratusan Kecamatan Malangbong. Tim khusus sudah dikerahkan untuk mengetahui penyebab keracunan massal itu.

Camat Malangbong, Drs Teten Sundara M Si mengatakan, petugas dari Dinas Kesehatan Garut sudah mengambil sampel makanan dan minuman hajatan yang diduga menyebabkan keracunan massal. Beberapa jenis makanan dan minuman, seperti daging sapi beku, daging ayam, acar, dan bihun akan diuji di labolatorium untuk mengetahui penyebab keracunan yang diderita lebih dari 184 orang, Rabu (07/03).

“Sejumlah petugas dari Dinas Kesehatan mendatangi rumah keluarga Andi dan Imas yang menggelar hajatan pernikahan di Kampung Rancamaya RT03/06 Desa Sakawayana, Kecamatan Malangbong, untuk mencari informasi terkait keracunan massal tersebut. Selain meminta keterangan terkait proses pembuatan dan penyajian makanan, petugas juga mengambil sejumlah sampel muntahan korban keracunan. Berbagai jenis makanan dan satu jenis minuman akan diuji di laboratorium Dinas Kesehatan, dan hasilnya baru diketahui sekitar 4-6 hari,” terang Camat Malangbong.

Camat menambahkan, kronologis kejadian berawal ketika keluarga yang punya hajat membeli daging sapi beku dan sayuran lainnya pada Minggu (04/03). Dan pada Selasa (06/03) pagi sebelum acara resepsi, umumnya di daerah, pemangku hajat membagikan kotak makanan ke tetangga kampung. Saat itu kotak makanan berisi nasi, daging sapi, ikan pepes, acar, dan sayuran. Sebelum warga yang lain, 5 orang keluarga pemangku hajat lebih dulu di rawat di Puskesmas Malangbong.

“Kita harus bisa telusuri dulu di sini. Soalnya kalau yang terkumpul dari muntahan agak repot. Nanti pihak Dinas Kesehatan akan cek di laboratorium ada tidaknya kuman tersebut. Kalau ingin dipastikan iya ada kuman atau amuba, kita tunggu hasil pemeriksaan petugas Dinas Kesehatan Garut,” pungkasnya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY