Bupati Koesmayadie : Permasalahan Pasar Limbangan Garut Jangan “Ngabuntut Bangkong”

0
390

HARIANGARUT-NEWS.COM – Pjs Bupati Garut, Koesmayadie Tatang Padmadinata, mengingatkan PT. Elva untuk segera menyelesaikan secepatnya permasalahannya dengan para pedagang dan warga masyarakat setempat, sebab pembangun pasar modern ini sudah lama berjalan dari tahun 2015.

Hal itu disampaikan langsung Pj. Bupati Garut, saat menerima Elva dari PT. Elva, Pengembang Pasar Modern Limbangan, di Ruang Kantor Bupati, didampingi Kepala Disperindag ESDM, Asisten Daerah II, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, perwakilan Bapeda, Sat Pol PP, Dishub,  Dinkes, DPMPT,  BPKAD, Kabag Perekonomian, Kabag Hukum dan HAM, Tapem dan perwakilan Kecamatan Limbangan, Jum’at (02/03).

Bupati Garut menyambut baik kedatangan PT. Elva untuk menindaklanjuti pertemuan pada tanggal 27 Febuari 2018, menyusul kedatangan beberapa aliansi masyarakat pasar dan pedagang yang berkeinginan supaya secepatnya permasalahan debgan dengan PT. Elva dapat segera tuntas.

Bupati mengintruksikan kepada Asda II dan jajaran dinas terkait untuk segera menindaklanjuti permasalahan secepatnya.

“Hari Rabu depan (7/3)  semua laporan diserah terimakan kepada assisten 2 dan dilanjutkan ke Bupati untuk segera di ambil tindakan supaya semuanya teratasi tanpa adanya permasalahan. Jangan nga-”buntut bangkong (sebuah labirin),”katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Asep Suparman, SIP M Si menambahkan, persoalan awal tidak jauh dari Pasar Pasopati. Ia berharap setelah berjalannya pasar supaya ada keterbukaan dalam laporan yang berhubungan dengan dampak lingkungan agar tidak terjadi mis komunikasi.

Menurut Asep, hingga saat ini, pihaknya belum pernah menerima laporan secara periodik. “Sampai hari ini ditunggu-tunggu belum pernah mambuat laporan secara priodik, seperti pengelolaan air limbah, genset,  bak sampah dan lainya”, ujarnya.

Padahal, imbuhnya, jauh hari sebelumnya pihaknya sudah meminta agar selalu ada laporan. Untuk menindaklanjuti pertemuan rapat ini, pihaknya akan mengunjungi Pasar Limbangan hari Senin depan.

Menanggapi permasalahan pembangunan, pemasaran serta masih banyaknya pedagang lama yang belum terfasilitasi termasuk keberatan  aliansi masyarakat yang peduli lingkungan merasa terganggu dengan banyaknya sampah, ditepis PT. Elva, karena lahan yang dibangun sudah sesuai dengan perijinan dan sesuai persyaratan yang telah di terbitkan oleh pemerintah daerah.

Meski demikian, Elva akan memenuhi semua keinginan pemerintah serta warga setempat yang merasa kuarang puas dan dirugikan untuk segera menyelesaikannya. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY