Bupati Garut Serahkan 200 Unit Gerobak Kepada Pengurus MPKLG

0
389

HARIANGARUT-NEWS.COM – Sebagai upaya pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan perekonomian bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) khususnya pedagang kaki lima (PKL), Bupati Garut, H Rudy Gunawan MH SH, pada Rabu (3/8) bertempat di Pamengkang Alun-Alun Garut, melakukan serah terima dan naskah penandatanganan bantuan sebanyak 200 unit gerobak dorong kepada Ketua MPKLG (Masyarakat Pedagang Kaki Lima Garut).

Penyerahan bantuan gerobak dagang ini diserahkan kepada PKL yang berdagang di Jalan Siliwangi, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota.

Turut hadir dalam acara ini Asisten II Pemerintah Kabupaten Garut, Camat Garut kota Drs. Bambang hafidz, Kasi Trantib Satpol PP Kecamatan Garut Kota, Ahmad Budiman, Ketua MPKLG (Masyarakat Pedagang Kaki Lima Garut) Kemal Jafar, beserta 30 perwakilan MPKGL lainnya.

Bupati Garut foto bersama Pengurus MPKLG usai serah terima nota kesepakatan penyerahan 200 unit gerobak dorong.

Bupati Garut menginginkan adanya keseimbangan antara penegakan hukum dan berjalannya kegiatan masyarakat lapangan pekerjaan. Kini sepanjang jalur Jalan Siliwangi, kata Bupati, bukan jalur merah lagi dan sudah menjadi jalur PKL Tertib Zona Hijau.

“Pemerintah Kabupaten Garut telah melakukan pemberdayaan dengan memberikan berbagai fasilitas peningkatan produksi dan kemudahan pedagang untuk berlapak dan berusaha. Silahkan berdagang tapi ada kesepakatan sebagai pedagang kreatif lapangan. Pedagang yang berada di Zona Hijau harus mentaati ketertiban, kenyamanan, dan keindahan,” ujar Bupati.

Rudy Gunawan menambahkan, melalui momentum ini diharapkan dapat membantu pedagang kaki lima akan lebih sejahtera, maka itu diminta kepada kepengurusan MPKLG harus terus berkoordinasi dan menjadikan Pemkab sebagai mitra strategis dalam memberdayakan PKL, khususnya untuk mencari solusi kebutuhan dan kepentingan para pedagang dengan sebaik-baiknya, pungkas Rudy.

Sementara Ketua MPKLG, Kemal Jafar memberikan apresiasinya terhadap Bupati Garut yang selama ini telah memberikan perhatian dan pembinaan terhadap para PKL daerah ini, sehingga kenyamanan PKL dalam berusaha cukup terakomodasi. Untuk itu pengurus MPKLG mendorong agar Pemkab Garut segera membuat Peraturan Daerah (Perda) dalam hal menata dan membina PKL secara adil dan harus diwujudkan, terutama dalam hal penyediaan lahan dan penataannya, ungkap Kemal. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY