Bupati Garut Buka Musrenbang Tingkat Kecamatan Cihurip

0
273

HARIANGARUT-NEWS.COM – Bupati Garut, Rudy Gunawan SH MH membuka secara langsung kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan di Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, di aula Kecamatan Cihurip, Selasa (16/01) siang.

Kegiatan ini selain dihadiri oleh unsur Forkopim Kecamatan Cihurip, para Kepala Desa, tokoh agama dan masyarakat, tampak anggota DPRD Kabupaten Garut dari Fraksi PPP, Rini Sri Rahayu, Sekertaris Bappeda Agus Ismail, Kepala Bidang Humas Diskominfo Kabupaten Garut, Ricky Rizky Darajat SH M Si.

Dalam sambutannya, Bupati Garut mengatakan, yang menjadi skala prioritas dalam Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Garut Tahun 2019 diantaranya bidang pendidikan dan peningkatan pelayanan publik, penguatan infrastruktur, penguatan kesehatan, serta Peningkatan SDM.

“Ini menjadi aspek terpenting dalam penyelenggaraan pemerintah guna melayani masyarakat. Penyerapan aspirasi untuk tahun anggaran tahun 2019 merupakan bahan planing untuk lebih meningkatkan lagi dalam pelayanan sesuai skala prioritas yang ditentukan,” tandas Rudy Gunawan.

Bupati menjelaskan, sudah menjadi kewajiban dari pemerintah kecamatan untuk menyusun rencana strategis kecamatan yang harus sinergis dan selaras dengan tujuan serta sasaran strategis dan kebijakan RPJMD Kabupaten Garut Tahun 2014-2019.

“Ketersediaan dokumen perencanaan pada level kecamatan, baik lima tahunan atau renstra kecamatan dan tahunan merupakan sesuatu yang mutlak dibutuhkan dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk menjaga konsistensi perencanaan guna mengatasi isu dan masalah strategis pembangunan kecamatan, sehingga capaian kinerja  pembangunan kecamatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari capaian pembangunan di Kabupaten Garut,” jelas Rudy.

Dalam kesempatannya, anggota DPRD Kabupaten Garut, Rini Sri Rahayu, mengapresiasi atas kinerja Bupati Garut dengan infrastruktur yang sudah bisa dinikmati masyarakat Cihurip khususnya, dan masyarakat Garut pada umumnya.

Sementara dalam laporannya, Camat Cihurip H Asep Harsono HS S Sos M Si menyampaikan, musrenbang ini guna mendapatkan masukan kegiatan dari desa sebagai dasar penyusunan rencana kerja kecamatan dan rencana kerja SKPD Kabupaten Garut.

“Selain itu sebagai salah satu sarana untuk mendorong partisifasi aktif pemangku kepentingan kecamatan dan desa khususnya kelompok masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan daerah sehingga dapat menumbuhkan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap hasil-hasil pelaksanaan pembangunan di daerah,” pungkas Camat Cihurip. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY