Bola Panas Pemecatan Perangkat di Sejumlah Desa, Pjs Bupati Garut Panggil Kepala DPMD

0
668

HARIANGARUT-NEWS.COM – Kisruh dan polemik pemecatan staf perangkat desa dan kepala dusun yang dilakukan oleh sejumlah Kepala Desa di Kabupaten Garut sampai saat ini masih menggelinding. Bak bola panas tanpa ada solusi dari pemerintah Kabupaten Garut, serangkaian protes dan bentuk pengaduan pun juga terus berlangsung.

Setelah perangkat Desa Girimukti Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Hendra Heryawan, yang mengadukan pemecatan kepada Camat Cibatu, Ketua Asossiasi Pemerintahan Desa (Apdesi) Kecamatan Cibatu dan Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Garut, kini giliran perangkat Desa dari Desa Wanaraja Kecamatan Wanaraja, Witriyanti, melakukan hal yang sama.

”Jika memang benar ada pemecatan dua staf perangkat Desa, maka artinya kondisi dan suasana di desa sudah tidak kondusif lagi, bahkan bisa saja imbas pemecatan itu, perangkat desa yang diberhentikan akan ramai-ramai saling membuka kelemahan yang terjadi. Tapi semua itu baru sebatas informasi, belum diketahui kebenarannya. Apakah memang demikian atau opini. Nanti saya akan panggil Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD),” tandas Pjs Bupati Garut, Koesmayadi Tatang Padmadinata, didampingi Kepala Dinas Kominfo, H Nurdin Yana, Senin (09/04).

Koesmayadie juga mengkhawatirkan akan adanya potensi konflik jika aksi pemecatan tidak menggunakan prosedur dan mekanisme sesuai regulasi yang sudah ditetapkan. Bisa saja, imbuh dia, aksi pemecatan ini menjadi pemicu konflik di desa yang bersangkutan. Dalam kesempatan ini, Pjs Bupati Garut mengucapkan terima kasih atas segala informasi yang disampaikan para awak media ke pihak Pemerintahan Kabupaten Garut.

“Nanti saya akan minta ke pak Jajat Darajat untuk mengecek ke desa-desa yang bersangkutan. Nah inilah peran pers yang baik sebagai salah satu pilar yang telah memberitahukan kepada kami. Kami punya informasi, saya sampaikan kepada anda-anda, anda punya informasi yang belum terekam oleh kami, maka kami akan menindaklanjut kepada yang besangkutan agar kembali ke tetekonnya (aturannya). Selain nanti akan saya panggil, tolong sampaikan juga oleh anda-anda hal tersebut kepada pihak DPMD,” pungkas Pjs Garut. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia ad

LEAVE A REPLY