Bersama Universitas Garut, KPU Jabar Buka Electainment on Campus-Rock the Vote Indonesia

0
162

HARIANGARUT-NEWS.COM – Untuk meningkatkan partisipasi pemilih muda pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 di Jawa Barat (Jabar),  Panitia Electainment on Campus-Rock the Vote Indonesia menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat bekerjasama dengan Universitas Garut (UNIGA) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, di gedung Fisip Uniga, Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kamis (03/04)

Menurut salah seorang panitia, Ihsan Purwanto, Rock the Vote Indonesia merupakan acara yang diinisiasi oleh Center for Election and Political Party (CEPP) Universitas Indonesia CEPP-UI bekerjasama dengan KPU Jawa Barat ini bermitra dengan 30 kampus di Jawa Barat. Peserta kegiatan, kata Ihsan, ialah siswa SMA/SMK/MA/Sederajat dan mahasiswa tingkat I. Dia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam mengikuti Pilkada.

KPU Jabar dan Universitas Garut berharap pemilih muda bisa memberikan aspriratip pada Pilgub 2018.

“Rock the Vote Indonesia ini dikemas dalam bentuk pemaparan materi, fokus grup discussion, dan simulasi. Peserta dibagi kedalam beberapa kelompok yang nantinya akan berdiskusi dan melakukan simulasi di pos-pos yang sudah di tentukan, yang dipandu oleh fasilitator,” ujar Ihsan kepada hariangarut-news.com.

Sementara, Komisioner Divisi Teknik KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq, menyampaikan kegiatan di Kampus Uniga ini merupakan rangkaian yang ke 27, sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilgub 27 Juni 2018 mendatang.

“Rendahnya partisipasi pemilih termasuk mahasiswa, selain faktor kesadaran juga mungkin informasi yang terbatas. Bayangkan, ada sekitar 30% pemilih muda di Jawa Barat,” ujar Endun.

Dia melajutkan, dengan menggandeng lembaga kredibel, hal ini dimaksudkan  agar pola kerja sama ini mampu membantu sosialisasi Pilgub Jabar di kampus-kampus.

“Kami menyadari, kalau tidak dibantu lembaga lain, kami akan sulit menyebarluaskan informasi di kalangan mahasiswa. Bentuk sosialisasinya pun beraneka ragam sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Ada pun bahwa KPU Jabar menggulirkan sekitar 500 kegiatan sosialisasi. Salah satu kelompok sasarannya adalah mahasiswa,” sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, Prasetya Pudji Wasito dari Center for Election and Political Party (CEPP) Universitas Indonesia, menyatakan konsep yang ditawarkan bersifat electainment atau election entertainment. “Di sini ada pemilih pemula, sehingga pendekatannya sesuai dengan karakter anak muda,” kata Prasetyo.

Selaku koordinator perguruan tinggi yang menjalin kerjasama, ia menambahkan bahwa Pemilu di Jawa Barat sangat menarik karena sebagai yang terbesar di Indonesia. “Pantas kalau Uni Eropa menyebut the most complex election on the world,” ungkapnya.

Maka semua pihak yang telah menandatangani persetujuan KPU untuk menjaga kerjasama yang baik dengan perguruan tinggi, termasuk sistem pelaporannya agar semuanya bisa berjalan lancar. Prasetyo menegaskan bahwa kerjasama tersebut sangat penting dan mahal.

“Rasanya terlalu murah kalau kerjasama ini dinilai dengan rupiah, karena target kami mencerdaskan pemilih dari kalangan mahasiswa, berpartisipasi, mengajak teman dan tetangga, serta tidak apatis terhadap pemilu,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Rektor Uniga Dr Ir H Abdusy Syakur Amin M Eng, KPU Jabar Dr Yayat Hidayat M Si, sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Garut, pelajar SMA sederajat beserta undangan lainnya. Acara yang dihadiri 147 peserta inipun dimeriahkan dengan Dialog interaktif, Tarian dan Door Prize, Tutoring, Electian Mock, pemutaran film, Deklarisi Pemilih Muda dan Penandatangan Wall of Rock. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY