267 Peserta Ikuti Ujian Negara Amatir Radio di Garut

0
229

ARIANGARUT-NEWS.COM – Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Jawa Barat dan Balai Monitor (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Bandung, Direktorat Jendral Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Kementrian Komunikasi dan Informatika, kembali menggelar Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) tahun 2018 yang diselenggarakan di Kabupaten Garut, Minggu (22/04).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut, Drs Nurdin Yana M Si yang mewakili Pjs Bupati Garut memaparkan, organisasi ini sudah banyak membantu masyarakat dan pemerintah. Katanya, hari ini merupakan momentum yang tepat dalam rangka meningkatkan kecakapan. Dika­takan Nurdin, menjadi anggota ORARI sangat besar man­faatnya di samping untuk alat komunikasi radio, juga bisa membantu pemerintah dalam hal menyampaikan infor­masi-informasi dalam hal yang bersifat umum maupun darurat, apalagi katanya sekarang ini menjelang Pilkada 2018.

“Mudah-mudahan Orari kiranya terus berperan untuk dapat memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat luas. Terutama bagaimana Orari ini dapat berafiliasi untuk turut membantu masyarakat. Untuk itu teruslah berkarya bagi pemerintah dan masyarakat. Peran Orari tidak terbantahkan telah memberikan kontribusi positif dalam penyebaran informasi, baik saat kejadian bencana atau moment lain bersifat sosial, apalagi dengan pesta demokrasi melalui Pilkada Serentak 2018, 16 kabupaten  membutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam penyampaian informasi, maka diharapkan Orari dapat berperan,” ungkap Nurdin Yana.

Sementara Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Bandung, Hari Prasetyo S Kom MM, berharap melalui pelaksanaan Unar ini, para peserta selain mendapatkan sertifikat, juga cakap dalam mengoperasikan radio. Sisi lainnya dirinya berharap, Orari akan terus berkontribusi didalam mensupport pemerintah.

“Kehadiran Orari di Jawa Barat bukan saja untuk show force. Namun lebih dari itu, bagaimana Orari ini akan berperan baik dalam membantu pemerintah serta masyarakat. Calon anggota Orari jika lulus akan menjadi penggiat amatir radio yang memiliki Izin Ama­tir Radio (IAR) dan kebe­rada­annya legal dilindungi un­dang-undang,” ujar Hari, Minggu (22/04).

Peserta Ujian Negara Amatir Radio yang digelar di Kawasan Obyek Wisata Hotel Sumber Alam, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut ini diikuti oleh 267 orang yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat, termasuk dari Kabupaten Garut yang mengikutsertakan paling banyak yakni 111 orang. (Igie)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY