Aroma Tumpukan Sampah Pasar Modern Limbangan Garut Ganggu Pasien Puskesmas

0
156

HARIANGARUT-NEWS.COM – Tumpukan sampah di depan Pasar Modern (Pasmo) Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut sudah beberapa bulan dibiarkan menumpuk dan meluber ke pinggir jalan Nasional Bandung-Tasik.

Tumpukan sampah yang mengunung tersebut mengeluarkan aroma tidak sedap serta sudah mengeluarkan belatung. Sebab, tumpukan sampah tersebut didominasi dari sayuran busuk.

Ironisnya pengelolaan sampah yang di kelola oleh pihak pengembang berdekatan dengan UPT Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Limbangan.

Berdasarkan pantauan, para pengunjung pasar kerap menutup hidungnya jika hendak memasuki Pasmo Limbangan. Soalnya, aroma tidak sedap sangat menyengat.

Latifah (27) warga Desa Limbangan Timur, mengatakan, setiap hendak masuk Pasar Limbangan, aromanya sudah sangat menyengat ke hidung apalagi lalat sudah mengerumuni tumpukan sampah tersebut.

“Heran bangunan pasar sudah bagus, Namun, pengelolaan sampahnya sangat buruk. Contohnya tumpukan sampah di biarkan begitu saja,” ujarnya, Jum’at (08/02).

Dikatakan Latifah, bau busuk yang di timbulkan oleh tumpukan sampah sangat mengganggu kesehatan. Apalagi, tumpukan tersebut berada tepat di samping Puskesmas Limbangan.

“Bagaimana mau sehat pasien yang menjalani perawatan, bau sampah sudah sangat menyengat,” cetusnya.

Sementara Linda salah satu keluarga pasien Puskesmas Limbangan, menuturkan, bau busuk sampah yang menumpuk di depan pasar Limbangan, tercium saat di ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD).

“Dari dalam ruangan IGD aroma tidak sedap sudah tercium. Bagaimana pasien mau sehat,” cetusnya.

Linda berharap, tumpukan sampah tersebut segera di angkut dan di buang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Mengingat, tumpukan sampah tersebut sudah di biarkan lebih dari dua bulan terakhir. (Daus)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY