Mahasiswa Universitas Garut Blusukan Cegah Obat Warung Jadi Bahan Campuran Miras

0
139

HARIANGARUT-NEWS.COM – Tim Warung to Warung (WTW) dibentuk mahasiswa Universitas Garut (Uniga) untuk mengantisipasi penyalahgunaan obat yang kerap dijadikan bahan campuran minuman keras. Tim tersebut dibentuk mahasiswa yang tengah melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) 61 di Desa Cintaasih, Kecamatan Samarang.

Jubir KKN 61, Hakim Ghani, mengatakan, pembentukan tim tersebut sebagai tindak lanjut maraknya penyalahgunaan obat menjadi minuman yang memabukkan.

“Sering kita dengar mabuk obat batuk atau mabuk obat pil kan, nah kita di sini melaksanakan tindakan pencegahan dengan mendatangi warung-warung dan memberikan pemahaman,” ujar Hakim kepada wartawan, Rabu (30/01).

Mahasiswa yang diterjunkan, sambung Hakim, merupakan mahasiswa kesehatan yang memiliki kompetensi dalam bidang obat-obatan.

Dalam aksinya, mereka blusukan ke warung-warung warga dan memberikan pemahaman kepada para pemilik warung agar tidak mudah menjual obat yang kerap dijadikan bahan oplosan.

“Ada beberapa golongan obat yang dijual bebas di pasaran. Ada obat yang tandanya hijau ada juga yang biru. Apa obat bebas, apa obat bebas terbatas. Itu kita berikan pemahaman,” katanya.

Hakim berharap, aksi yang dilakukan mahasiswa ini sedikitnya bisa mengurangi penyalahgunaan obat-obatan yang dijual di warung dalam campuran minuman keras.

“Kami berharap pemilik warung tidak melulu memikirkan untung dan ruginya, tapi juga mereka ikut berkontribusi menyelamatkan generasi bangsa,” pungkasnya. (HG)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY