Wakil Bupati Garut : Deklarasi Garut Bersinar, Sebuah Tekad Stop Narkoba di Kabupaten Garut

0
115

HARIANGARUT-NEWS.COM – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Pergerakan Anti Napza Nusantara Amartha (PANNA) Kabupaten Garut, bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut dan PK Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Bayongbong serta Forum Kelompok Komunitas Informasi Masyarakat (FK-KIM) Kabupaten Garut, menggelar acara Deklarasi Garut Bersih Narkoba (Garut Bersinar) di Pelataran Stasiun Terminal Agrobisnis, Desa Karyajaya, Kecamatan Bayongbong, Sabtu (05/01).

Acara Deklarasi yang diawali dengan Senam Sehat tersebut dihadiri ribuan peserta yang terdiri dari Kader Posyandu, Pelajar SMP/SMA, masyarakat Kecamatan Bayongbong, dan para OKP yang tergabung dalam wadah kepengurusan KNPI Bayongbong. Selain penyuluhan anti Narkoba oleh jajaran Sat Narkoba Polres Garut, kegiatan ini juga diisi dengan penyuluhan zakat dan penyerahan santunan oleh Baznas Kabupaten Garut.

Senam Sehat warnai acara Deklarasi Garut Bersinar.

Tampak hadir tamu undangan Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, Kepala Dinas Kominfo Garut, Drs Nurdin Yana M Si, Wakil Ketua Baznas Garut, Abdullah Efendi S Pd I, KBO Sat Narkoba Polres Garut, Iptu Patri Arsono SH, Ketua MUI Garut, KH Sirojul Munir, Sekjen DPP PANNA Pusat, Risda Trisna Widia, Duta Napza Kota Bekasi, Theresia Wulandari, Forkopim Kecamatan Bayongbong, Kepala Puskesmas Bayongbong, H. Elan Suherlan, anggota DPRD Kabupaten Garut, H Ir Asep Achlan MM, Pengurus DPD dan DPC PANNA, PK KNPI Bayongbong bersama jajaran OKP seperti Daboribo, Pemuda Pancasila, GMBI, Brigez, FK-KIM beserta Komunitas Sabanda Sariksa, PPRG, Barber School, KOMO, dan tamu undangan lainnya.

Sebelum Deklarasi Garut Bersinar dibuka, dalam sambutannya Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman, yang juga Duta BNN dan penasehat DPD PANNA Garut mengingatkan bahaya narkoba dikalangan masyarakat telah berdampak terhadap ekonomi, budaya serta pertahanan dan keamanan.

Baznas Kabupaten Garut serahkan santunan kepada pelajar di Kecamatan Bayongbong.

“Bahkan kerugian narkoba tidak kurang dari 6 hingga 8 triliun rupiah, sehingga merugikan dari sisi ekonomi , terhambat karena peredaran narkoba. Lainnya adalah sisi budaya dan sisi hankam, sehingga tidak menutup kemungkinan kondisi ini menjadi jalan mulus terjadinya penjajahan yang dimulai dari narkoba. Maka, dengan Garut Bersinar, kita bertekad stop narkoba mulai dari keluarga, sehingga tercipta generasi yang berkualitas,” papar Helmi.

Sementara itu Ketua DPD PANNA Kabupaten Garut, Igie N Rukmana S Kom,
keberhasilan acara Deklarasi Garut Bersinar ini berkat kerjasama apik antara Pemkab Garut, Polres Garut, Kodim 0611 Garut, Baznas Kabupaten Garut, Bank BJB, BNNK Garut, PK KNPI Kecamatan Bayongbong bersama para OKP, dan FK-KIM Kabupaten Garut beserta komunitasnya.

Kekompakan DPD PANNA Kabupaten Garut dan PK KNPI Kecamatan Bayongbong menggelar acara Deklarasi Garut Bersinar.

“Deklarasi Garut Bersinar ini diharapakan pada tahun 2019 Kabupaten Garut benar-benar bebas dari Narkoba. Kami aktif dalam melakukan upaya-upaya pencegahan di lingkungan sekolah maupun di masyarakat dan melakukan sosialisasi bahaya narkoba secara berkelanjutan. Suksesnya acara ini juga tak lepas dari campur tangan semua pihak yang menginginkan Garut bersih dari narkoba, terima kasih kepada seluruh panitia Garut Bersinar yang telah berjibaku demi suksesi acara ini,” tandas Igie.

Selain itu, lanjut Igie, kampanye stop narkoba melalui berbagai media baliho, stiker, leaflet, dan sebagainya kerap dilakukan oleh DPD PANNA Garut. Ironisnya, baik penyuluhan maupun kegiatan penyebaran kampanye anti narkoba melalui berbagai media itu diperoleh secara swadaya tanpa ada bantuan anggaran dari pihak pemerintah maupun swasta.

Wakil Bupati Garut bersama Pengurus Baznas Kabupaten Garut.

Acara Deklarasi Garut Bersinar ditandai dengan pembubuhan tandatangan dari Wakil Bupati Garut dan semua undangan yang hadir, juga diserahkan bantuan beasiswa bagi 50 siswa-siswi dhuafa dari Baznas Kabupaten Garut. Selanjutnya, acara diisi dengan hiburan dan pembagian door frize dengan hadiah utama Kulkas, Televisi, Magicom dan lain-lain. (NDY)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY