FK-KIM Garut Akan Gelar Cukur Gratis dan Trauma Healing di Lokasi Bencana Tsunami Banten

0
162

HARIANGARUT-NEWS.COM – Tsunami di sekitar Selat Sunda, tepatnya di Kabupaten Pandeglang Banten, Serang, dan Lampung Selatan, terjadi setelah erupsi Gunung Anak Krakatau. Diperkirakan ribuan orang tewas dan luka-luka. Kerusakan ratusan bangunan pun tak terhindarkan. Bencana tersebut terjadi pada Sabtu, 22 Desember 2018, tepatnya pukul 21.27 WIB.

Tergerak atas dasar kepedulian, Forum Kelompok Komunitas Informasi Masyarakat (FK-KIM) Kabupaten Garut bersama beberapa komunitas Garut lainnya, terus melakukan aksi kemanusiaan membantu dan meringankan kesusahan saudara yang terlanda bencana melalui penggalangan dana. Pengumpulan dana kerap dilakukan oleh para komunitas yang tergabung di FK-KIM, baik di Mapolres Garut maupun di pusat kota Kabupaten Garut.

Selain Kabid dan Kasi dari Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Garut, hadir dalam rapat persiapan keberangkatan ke lokasi bencana tsunami Banten beberapa komunitas yang turut berpartisipasi yakni Ikatan Jurnalis Televisi Imdonesia (IJTI), Organisasi Radio Amatir Indonesia (ORARI), DPD Pergerakan Anti Napza Nusantara Amartha (PANNA), Sabanda Sariksa, Persatuan Pangkas Rambut Garut (PPRG), Barber School, Komunitas Musisi Orkes (KOMO), Dewan Kebudayaan Kabupaten Garut (DKKG), KNPI Kecamatan Bayongbong, serta komunitas lainnya.

“Setelah beberapa kali kami melakukan aksi kemanusiaan penggalangan dana bersama para komunitas di Garut, rencananya hasilnya akan kami serahkan langsung kepada para korban bencana tsunami di Banten. Disana kami akan menggelar Cukur Peduli Gratis dan Trauma Healing,” ujar Ketua FK-KIM Kabupaten Garut, Janur M Bagus, usai menggelar rapat pengurus di Sekretariat ORARI Lokal Garut, Jalan Pembangunan, Rabu (02/01).

Rapat pengurus FK-KIM persiapan teknis keberangkatan ke lokasi bencana tsunami Banten, Rabu (02/01).

Untuk itu, lanjut Janur, seluruh komunitas yang tergabung dalam FK-KIM mengajak masyarakat Garut untuk memberikan donasi kepedulian bagi para korban bencana tsunami di Pantai Anyer Banten, Lampung, dan sekitarnya. Karena di masa-masa emergency bencana ini, berbagai macam bantuan akan sangat diperlukan, tukasnya.

Sementara Ketua Koordinator “Peduli Korban Bencana Tsunami Banten Bareng Lintas Komunitas Garut”, yang juga Ketua Penggiat Anti Narkoba dari DPD PANNA Garut, Igie N Rukmana menyampaikan, aksi ini untuk mendorong kepedulian masyarakat Garut agar lebih responsif terhadap saudara-saudara yang terkena dampak bencana, khususnya yang terjadi saat ini di Pandeglang Banten.

“Aksi ini memang bertujuan untuk membangun kepedulian masyarakat Garut dan membantu meringankan beban korban tsunami yang ada di Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lampung. Insya Allah dana yang terkumpul saat ini sekitar Rp14 juta, dan rencananya pada akhir bulan Januari sekarang seluruh donasi akan disalurkan langsung oleh pengurus FK-KIM bersama komunitas Garut lainnya dengan menggelar pangkas rambut gratis dan trauma healing di lokasi bencana yang kena dampak tsunami,” tandas Igie. Rabu (02/01).

Ketua DPD PANNA Garut menambahkan, kepedulian masyarakat Garut telah ditunjukkan dengan aksi nyata. Igie berharap duka dan derita saudara-saudara yang tetimpa bencana, umumnya di seluruh Indonesia segera berlalu berganti dengan senyum cerah, pungkasnya. (NDY)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY