Juara II API 2018, Pemkab Garut Benahi Akses Wisata Leuwi Tonjong

0
216

HARIANGARUT-NEWS.COM – Menjadi juara kedua dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API)/Tahun 2018 Katagori Surga Tersembunyi, Pemerintah Kabupaten Garut akan mulai membangun infrastruktur menuju objek wisata yang berada di Kecamatan Cihurip tersebut. Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Garut, dr Helmi Budiman saat mengunjungi Leuwi Tonjong, Selasa (04/12).

Helmi mengatakan pihaknya sudah melakukan survei identifikasi infrastruktur objek wisata yang akan diprioritaskan dibangun pada Tahun 2019 diantaranya destinasi wisata Leuwi Tonjong dengan membangun sarana dan prasarana mulai jalan hotmix hingga penyediaan lahan untuk tempat parkir mobil yang dirasa saat ini masih kurang memadai.

“Hasil survei, prioritas pembangunan infrastruktur yang mendesak dibangun yakni akses jalan menuju Leuwi Tonjong. Kita akan benahi akses jalan menuju tempat wisata termasuk penyediaan lahan parkir yang layak,” ungkapnya.

Wabup menambahkan, dianggaran 2019 juga pihak pemkab akan menambah volume jalan berupa anak tangga untuk menuju lokasi dimana baru dibangun kurang lebih 200 meter dan akan ditambah 600 meter sehingga akses menuju lokasi semakin nyaman untuk dilalui.

Wabup melanjutkan, pengembangan pariwisata harus memperhatikan Atraksi, Aksesbilitas, dan Amenitas (3A) karena permasalahan utama pengembangan objek wisata di Kabupaten Garut adalah akses infrastruktur yang tidak memadai sehingga harus menjadi perhatian utama ke depan.

“Pengembangan pariwisata tidak sekedar cari uang, tidak sekedar hidup. Hidup itu seperti menanam benih. Kami ingin memajukan seluruh sektor wisata di Kabupaten Garut setidaknya jikalau seluruh sektor pariwisata di Garut bisa berkembang tidak menutup kemungkinan masyarakatpun akan sejahtera,” tandas Wakil Bupati.

Helmi menambahkan, untuk menambah daya tarik dan keindahan objek wisata, pada tahun 2020 akan dibangun jembatan penghubung untuk penyebrangan agar parawisatawan lebih leluasa mengakses keindahan Leuwi Tonjong, pungkasnya. (Adv)

Hosting Unlimited Indonesia

LEAVE A REPLY